Sadar Pilah Sampah

260

KAKI-Kesadaran warga Cilangkap akan pentingnya kebersihan dan pengelolaan sampah kini sudah mulai tumbuh. Itu terlihat dengan kegiatan pemilahan sampah di Kelurahan Cilangkap yang sudah mulai tertata dengan baik.

Koordinator bank sampah Kelurahan Cilangkap, Rina Nopita Herliany mengatakan, awalnya untuk mengajak masyarakat melakukanpemilahansampahsulit.Tapi, dengandukungandari RT, RW, dan Lurah Cilangkap, secaraperlahangerakanpemilahan sampah ini menjadi kegiatan yang rutin dilakukan oleh hampir rata-rata wargaCilangkap, khususnyakaumibu.

“Terkadangada Pak RT atau RW yang ikutmelakukanpemilahansampah, setelahitumerekabawake bank sampah,” ujarnya.

Menurutnya, di wilayahCilangkapterdapat 22 titik bank sampah, namun yangaktifadasekitar 19 titik.Itu di karenakanpengurusnyaberkurang, karenaberbagaihal.

“Sampahorganikdarihasilpemilahansampahdiambilpetugas Unit PengelolaanSampah (UPS).Di KelurahanCilangkapterdapatdua UPS yang berada di RW 10 dan RW 17,” jelasnya.

Lebihlanjutdirinyamenjelaskan, untuksampah non-organik yang sudahditimbang di bank sampahakandigunakansebagaibahandasarkerajinan.

UntukKelurahanCilangkap, saatinitelahbekerjasamadengankomunitasTaposBersihTerbaik. Komunitasinimerupakankumpulan bank sampah yang ada di KecamatanTapos.

“Kamiseringmengadakanpelatihandengannarasumberdarikomunitas bank sampah yang sudahmelakukankegiatandaurulangsampah,” tambahnya.

Kegiatanmembuatkerajinantanganitu, kata Rita, tentunyaakanmenambahnilaiekonomisdari sampah non organik yang sudah dilakukan pemilahan sebelumnya.

Sedangkan untuk penjualan hasil daur ulang, pihaknya mengikuti sertakanproduk-produk yang dihasilkan dalam sebuah perlombaan seperti produk dompet bekas bungkus kopi, vas bunga kertas koran serta produklainnya yang berbahan dasar dari sampah non organik.

“Harapan ke depan adalah kami harus memberi pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat pemilahan sampah, karena persoalan sampah ini seperti bom waktu yang akan berakibat ke pada generasi selanjutnya,”

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here