PengawasanKoperasiDiperketat

165

Pemerintah Kota Depok mempertegasakan melakukanl angkahuntuk memperketat koperasi yang ada di Depok. Hal itu seiring dengan adanya kasus simpan pinjam Koperasi Pandawa yang merugikanpuluhanribuanggotanya.

“Kami akan melakukan pengetatan dari sisi admistrasi dan sebagainya, serta pengawasan secaraberkala. Kami tidakinginperistiwaituterulangkembali, memperolehhasilbegituinstannamunpadaakhirnyabanyak yang menjadikorban,” ujarWakilWalikotaDepok, PradiSupriatnausaimembuka Forum OPD DinasKoperasidan Usaha Mikro, WismaHijau, Cimanggis, Rabu (22/2).

Iamenambahkan, bahwapihaknyamerasabersyukuratastertangkapnyaBosPandawa, Salman Nuryantoolehaparatkepolisian. Pradiberharapdanaparanasabahdapatdikembalikandandapatmempertanggungjawabkannya.

Pradimengatakan, jumlahkoperasi di Depoktidakperlubanyak yang pentingberkualitas.Dikatakannya, di tahunlalupihaknyatelahmembekukansebanyak 282 koperasi yang dinilaitidakaktiflagi.

“Dari 679 koperasi yang ada di Depok, 282 koperasitelahdibekukankarenaadaevaluasidaripemerintahpusat.Kami ingin yang berkualitasbukankuantitas, kami terusmelakukanpembinaandanpelatihan-pelatihan,” paparnya.

KepalaDinasKoperasidan Usaha Mikro Kota Depok, M Fitriawanmengatakanbahwapihaknyatelahbersinergidenganpemerintahpusatuntukmelakukanreformasi total terhadapkoperasi.

“Kami akantingkatkanlagikapasitaskoperasidarisegikelembagaandan SDM agar pengelolaankoperasibisalebihbaikdan professional.Bisajadinantisetiapkoperasidiadakanpelatihanuntukpeningkatankelembagaannyadandiperkuat SDM nyadenganmengikutiberbagaipendidikan,” tandasnya.

Lebihlanjutiamengatakan, bahwapihaknyaakanmelakukanpengawasanrutindanintensiftermasukjugapendataanterhadapkoperasi. Jikaadalaporanmasyarakatterkaitadanyakoperasi yang tidaksesuai, pihaknyaberjanjiakanturunmengecekkoperasitersebut.

Terkait program, Fitriawanmengatakan di tahuninipihaknyaakanfokusterhadappenguatankoperasidanusahamikro.

“Untukkoperasi kami akanmemberikanpelatihanterhadap SDM penguruskoperasisepertipelatihan manager maupunpengelolakoperasi.Saatini pun sedangdilakukanpelatihanterhadapketua KSP untukmendapatkansertifikat,” katanya.

Di bidangusahamikro, sambungnya,  pihaknyaakanmelakukanpemberdayaandanpengembangan.

“Misalnyaterkaitdenganaspek legal, kami fasilitasidari PIRT, HAKI, Halal, SNI danlainnya.Kami jugamelakukanpendidikanuntukusahamikro, dansecararutinadapelatihanwirausahabaru. Di tahuninisekitar 360 wirausahapemula,untuk di tahundepanjugadiharapkansebanyaktahunini,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here