DTC Tak Miliki Alat Pemadam Kebakaran

258

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Yayan Arianto mengungkapkan dari sekian banyak mall yang ada di Depok ada satu mall yang tidak melengkapi kelengkapan pemadam kebakaran. Satu mall tersebut adalah Depok Trade Center yang berlokasi di Jalan Raya Sawangan, Pancoran Mas. Pihaknya pun sudah menegur pengelola mall, namun hingga kini teguran tidak digubris.

“Sejak tiga tahun lalu yaa mereka diketahui nggak memiliki kelengkapan alat pemadam kebakaran di mall. Seperti alarm, hydrant, sprinkle. Surat teguran sudah dilayangkan sebanyak dua kali tapi mereka mangkir,” ujar Yayan kemarin.

Pihaknya sudah berupaya mengajak pihak pengelola bertemu dan membicarakan hal ini tapi tidak ditanggapi sampai sekarang.

“Jika standard keamanan kebakaran tidak dipenuhi ya resiko ditanggung sendiri. Ketika dipanggil mereka mengatakan akan menghadap dan  konsultasi tapi menghilang lagi,” ucapnya.

Dirinya menuturkan Dinas Pemadam Kebakaran terus menghimbau agar semua mall memperhatikan keamanannya sendiri.

“Memang dari semua mall yang ada di Depok hanya DTC saja yang standard keamanan damkarnya kurang. Apar nya kurang,  hydrant, alarm juga nggak ada. Minimal itu mall harus ada sprinkle nya, ” tutur Yayan.

Terkait mulai banyaknya apartemen yang ada di Depok, pihaknya berharap nantinya Damkar miliki mobil tangga yang bisa menjangkau ke tingkat yang lebih tinggi.

“Jika ada kebakaran terjadi di lantai 23, itu tidak bisa karena nggak ada mobil tangga. Mobil pompa hanya bisa mencapai ke lantai 3 saja,” jelasnya.

Yayan memaparkan pengajuan anggaran mobil tangga sudah diajukan. “Sudah diajukan dalam forum OPD kemarin.  Mobil tangga baru dialokasikan untuk anggaran 2018  prosesnya memakan waktu 11 bulan. Kalau diajukan tahun 2017 tidak cukup waktunya,” jelasnya.

Dia menuturkan jika tahun lalu mobil tangga tidak terpenuhi. “Saya usulkan untuk mobil tangga anggaran sekitar Rp 33 miliar. Mobil pompa saja harganya Rp 1,2 miliar, mobil rescue seharga Rp 4,7 miliar. Anggaran Damkar biasanya di angka Rp 20 miliar,” tutupnya.

1 KOMENTAR

  1. mall Depok Trade CenterJalan Raya Sawangan, Pancoran Mas. gak punya alat pemadam api??? masa iya sih ini bisa terjadi gimana ada kebakaran berapa orang yang ada disana bisa terbakar. sungguh mengenaskan. aparatur tolong ditegakkan informasi ini sangat gebantu kita. update terus informasinya admin. makasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here