Pontir Antisipasi Banjir

198

Intensitas curah hujan yang tinggi seperti saat ini bisa mengakibatkan terjadi nya banjir. Salah satu penyebab banjir adalah drainase yang buruk serta masih ditemukan warga yang buang sampah secara sembarang.

Tidak ingin lingkungannya banjir, Lurah Pondok Petir (Pontir), Anwar Nasihin intens mengajak warganya membersihkan drainase lingkungan.

“Di musim hujan ini, di dalam drainase banyak sampah. Masih ada warga yang buang sampah seenaknya. Drainase jadi mampet sama sampah, sehingga air tidak mengalir.  Saya ajak warga untuk lebih sering membersihkan drainase,” katanya.

Ia menjelaskan drainase yang jarang dibersihkan berpontesi besar mendatangkan banjir di lingkungan Kelurahan Pondok Petir. Jika sudah demikian masyarakat akan merasakan dampaknya.

“Hujan atau cuaca tidak bisa  dihindarkan. Namun agar lingkungan tidak banjir itu bisa ditangkal. Salah satunya ya dengan bersih-bersih,” ucapnya.

Dia menuturkan manfaat dari drainase yang bersih adalah terhindar dari penyakit. “Bukan hanya banjir yang bisa dicegah tapi juga mampu mencegah penyakit musim hujan yang kerap berdatangan,” tuturnya.

Berdasarkan catatannya hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya penyakit yang datang karena drainase yang tidak baik.

“Hingga saat ini memang belum ada laporan tentang penyakit di wilayah ini namun tetap harus jaga kondisi. Kami di Kelurahan, Bimas dan Babinsa hampir setiap hari keliling untuk melihat kondisi lingkungan. Sehingga lingkungan dapat terpantau,” ucapnya.

Ia mengungkapkan di Pondok Petir ada satu RW yang memiliki rentan terhadap banjir yakni di RW 12 yang berbatasan dengan Kali Angke. “Kami terus pantau kondisi wilayah tersebut terutama wilayah rawan banjir,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here