Spesialis Maling Mobil Diciduk

315

Kawanan spesialis perampokan mobil berhasil diringkus jajaran Satreskrim Polresta Depok. Bahkan agar aksinya tidak ketahuan, salah satu pelaku mematikan alarm dengan cara mencabut aki. Namun naas seperti pepatah

sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga. Gerombolan itu tak berdaya ketika dibekuk petugas kepolisian.

“Empat pelaku berhasil kami ringkus. Mereka antara lain Casmadi alias Wancin (43), Hasanudin alias Jawir (35), alias Toto (28),Maman (29). Satu lagi berhasil kabur berinisial Haidir,”  ujar Kasubag Humas Polres Depok AKP Firdaus kemarin.

Ia menerangkan berbeda dengan kasus pencurian mobil sebelumnya, agar aksinya tidak ketahuan, komplotan ini mematikan alarm mobil.

Modusnya tersangka Casmadi masuk ke kolong mobil dan langsung memotong aki mobil agar alarm mobil mati. Selanjutnya pelaku kemudian membuka pintu mobil dengan letter T lalu mengebor kunci kontak. “Setelah itu Casmadi gunakan letter T lagi untuk menghidupkan kendaraan. Disini dia bertindak sebagai pemetik,” terangnya.

Tersangka lain, lanjutnya Hasanudin serta Haidir (DPO) menunggu di mobil. Kemudian tersangka Maman dan Cahyanto mantau mobil.

“Ada tiga mobil yang berhasil kami sita. Setelah mereka berhasil mengambil mobil curian kemudian dijual ke pengadah berinisial A di Cijantung. Pengadah ini juga masih kami kejar. Biasanya dijual dengan harga 20 juta,” jelasnya.

Daus mengatakan komplotan pelaku juga ada yang berstatus residivis atas kejahatan yang sama. “Dua pelaku yakni Casmadi dan Hasanudin residivis, pernah ditangkap atas kasus pencurian sepeda motor. Komplotan pelaku juga menggunakan air soft gun untuk menakut-nakuti korban jika kepergok,” katanya.

Dirinya menjelaskan umumnya mobil yang menjadi target adalah mobil yang menggunakan kunci lama. “Mereka mengincar mobil Avanza yang terparkir di luar rumah. Jadi ada korban bernama Sugeng warga Gang Masjid Cisalak Kecamatan Sukmajaya melaporkan ke Polsek Sukmajaya tanggal 13 Desember 2016  mobil Avanzanya hilang ketika parkir di depan rumahnya. Setelah itu kami lakukan pengejaran, tiga pelaku ditangkap di Indramayu dan satu pelaku Hasunudin alias Jawir ditangkap di Pasar Rebo,” jelas Daus.maling

Berdasarkan penyelidikan dan pengakuan para tersangka, lanjutnya, pelaku sudah melakukan pencurian di lima tempat di Depok. “Ada di Bukit Cengkeh, kemudian wilayah Mekarsari, Tanah Baru Beji, Cibubur, dan di H Icang Cimanggis. Pelaku dikenakan pasal

363 pencurian dengan pemberatan ancaman hukuman 7 tahun penjara,” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here