Dongkrak IPM Cipayung

349

Kecamatan Cipayung  saat ini tengah fokus pada tiga bidang yaitu pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Tiga bidang tersebut dinilai sangat berpengaruh terhadap masyarakat dalam mengakses hasil pembangunan di Kota Depok, juga digadang-gadang ntuk meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

“Fasilitas sarana dan prasarana pendidikan di Kecamatan Cipayung itu kalau dibandingkan kecamatan lain jauh. Contoh SMP negeri cuma ada satu, SMA negeri juga cuma ada satu. Untuk itu, kami fokus pada sektor pendidikan untuk mengetahui sejauhmana kualitas pembangunan manusianya,” ujar Asep Rahmat, Camat Cipayung, kemarin.

Dia menambahkan, untuk mewujudkan pendidikan yang bermutu, diharapkan peran serta dari instansi dan stakeholder terkait. Saat ini yang jadi fokusnya adalah bagaimana caranya Pemerintah Kota Depok dapat membangun sarana dan prasarana di Kecamatan Cipayung.

“Pendidikan di Cipayung hampir 80 persen penyelenggaranya adalah masyarakat. Kalau mau meningkatkan IPM, semua program baiknya terlaksana dan instansi harus turun urus masalah pendidikan. Namun, yang harus dipikirkan saat ini bagaimana caranya (Pemkot,red) membangun sarana dan prasarana di Kecamatan Cipayung,” paparnya.

Sedangkan untuk bidang kesehatan, dirinya mengaku selalu memantau keadaan masyarakat, terutama yang diprediksi mempunyai penyakit menular. Hal itu dilakukan bekerjasama dengan UPT kesehatan untuk memantau agar penyakit menular tidak menyebar luas.

“Untuk tingkat kesehatan, tiap minggu kami ada pemeriksaan kesehatan gratis dari UPT kesehatan, guna mengetahui adanya penyakit menular. Sehingga kami bisa memberikan upaya-upaya penanganannya,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, untuk peningkatan IPM di bidang perekonomian, dirinya mengajak masyarakat yang memiliki usaha agar memfokuskan pada potensi lokal. Lalu diberikan pembinaan agar masyarakat lebih terampil. Bahkan, kata dia, saat ini sudah ada masyarakat yang mulai sadar mendaur ulang sampah dan menyetorkan sampah melalui bank sampah.

“Hampir di setiap kelurahan di Kecamatan Cipayung ini sudah mempunyai bank sampah dan mempunyai tim sendiri, untuk menciptakan hasil karya dari sampah daur ulang tersebut. Dengan demikian, langkah untuk menaikkan IPM dapat segera terwujud, karena dampak dari kenaikan IPM tidak langsung dirasakan saat ini, melainkan terasa 10 tahun lagi.Unt555555555

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here