Geliat UMKM Meningkat

307

Geliat UMKM di Depok saat ini meningkat. Terbukti dari survey internal pelaku UMKM yang menunjukkan peningkatan sampai 15 persen. Indiktornya mulai dari sisi jumlah pelaku usaha hingga pendapatan yang meningkat.

“Di Depok dominan tiga sektor yaitu kuliner, fashion dan handy craft,” kata Kepala Dinas Koperasi dana Usaha Mikro Kota Depok, Fitriawan.

Ia menambahkan jika sentra UMKM belimbing mulai mengarah positif. Hasil dari petani belimbing tak hanya dijual dalam bentuk aslinya saja tetapi juga olahan rumahan yang banyak diminati. Misalnya jus belimbing, dodol belimbing hingga cake belimbing yang hampir hasil olahan sentra belimbing ini masuk dalam sektor kuliner.

“Kuliner Depok melesat maju. Pertumbuhannya di beberapa tempat sudah sangat seporadis,” ucapnya.

Pihaknya intens berkomunikasi dengan kelompok tani dengan membentuk komunitas yang giat membuat produk olahan belimbing. Menurutnya, olahan belimbing Dewa ini memiliki potensi strategis untuk maju. Namun diakui dia cara pengolahan, kemasan dan penjualan harus dilakukan dengan banyak berkreasi.

“Kami aktif mempromosikan produk mereka di pasar digital. Karena mau tidak mau saat ini eranya kearah sana,” tuturnya.

Dia mengatakan pelaku UMKM sangat berharap adanya peranan pemerintah untuk memajukan usaha mereka. Yang saat ini sudah dilakukan pihaknya adalah memberikan pendampingan dan pelatihan serta penjelasan soal seluk beluk UMKM.

“Pelaku UMKM di Depok sangat banyak dan beragam. Kami sebagai pemerintah tentu sangat mendukung apa yang mereka lakukan ke arah positif,” katanya.

Salah satu olahan belimbing adalah bisa dibuat kue. Seperti yang dilakukan salah satu pemilik Delice Star Production, Isye Noviani. Pihaknya mengolah buah tersebut menjadi berbagai olahan makanan yang dapat dikonsumsi masyarakat luas. Dirinya sudah memproduksi cake belimbing sejak tahun 2013. Hasil olahannya tersebut telah dipasarkan hingga seluruh Indonesia.

“Sekarang sudah ada pesanan ke luar Depok, bahkan ke Papua. Semua yang pesan suka cake belimbing ini,” ujarnya.

Pada proses pengolahannya, Isye mengungkapkan bahwa seluruh komponen pada buah belimbing baik air dan serat buahnya digunakan sebagai bahan dalam membuat cake belimbing. Maka, cake yang diproses dengan dipanggang tersebut terasa lebih padat dan rasa belimbing yang dihasilkan pekat. Selain cake belimbing dengan aneka toping, oleh-oleh khas Depok yang dipasarkan oleh Delice Star Production antara lain cookies belimbing, pie belimbing, serta coklat9

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here