Drainase Raya Sawangan Mampet

238

Keberadaan saluran air (Drainase) yang terletak di Jalan Raya Sawangan tepatnya di depan Rumah Makan Saung Telaga sering kali menuai masalah. Pasalnya, setiap hujan turun drainase tersebut tak mampu menampung debit air, alhasil air meluap ke jalan raya.

Luapan air tersebut diperparah dengan adanya sampah yang juga ikut meluap lantaran terbawa arus air. Akhirnya, sampah berserakan dari mulai depan Kantor Kelurahan Rangkapan Jaya hingga RM Saung Telaga, Pancoran Mas.

“Memang sering, masalahnya ada kabel telepon di dalam saluran air jadi menghambat arus air. Setiap hujan air meluap, terlebih kalau ada sampah nyangkut di kabel optic tersebut,” ujar Acep salah seorang Satgas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Kota Depok, Senin (16/1).

Pernyataan tersebut diungkapkan Acep bersama rekan-rekannya saat memperbaiki darinase di depan Kantor Kelurahan Rangkapan Jaya yang tersumbat sampah. Pihak PU-PR terpaksa harus membongkar drainase tersebut lantaran dipenuhi sedimen.

“Yang bawah (depan rumah makan,red) sudah kami angkat, sekarang tinggal yang di sini. Darinase ini juga berfungsi sebagai solokan, kalau ada sampah nyangkut di kabel pasti air meluap ke jalan,” ungkapnya.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Dinas PU-PR, Manto membenarkan jika sering terjadi luapan air di lokasi tersebut.

“Drainase sudah ada namun tidak berfungsi secara optimal, itu disebabkan sampah dan adanya sedimen,” ungkapnya.

Luapan tersebut, lanjutnya, diperparah dengan ditutupnya cover box drainase oleh warga, sehingga mempersulit petugas dinas saat melaksanakan normalisasi drainase dari sampah dan sedimen.ughh

Dari pantauan Jurnal Depok, setiap kali datang hujan dan bahkan tidak hujan pun air sering kali meluap ke Jalan Raya Sawangan. Kondisi tersebut diperparah dengan ceceran sampah yang ikut terbawa dan mengotori jalan yang menjadi titik pantau Adipura tersebut.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here