KCB Dipenuhi Jembatan

230

Limo | Jurnal Depok

Sejumlah warga Kelurahan Grogol, Kecamatan Limo, mengaku miris dengan maraknya pembuatan jembatan penyeberangan di atas bidang Kali Krukut Cabang Barat (KCB).

Salah satu warga Kelurahan Grogol, Ahmad Syarifudin mengatakan menyesalkan maraknya pembuatan jembatan di atas bidang kali tersebut. Pasalnya, selain akan menyulitkan pelaksanaan normalisasi kali, keberadaan puluhan jembatan di atas bidang kali itu kerap menghambat kelancaran aliran air, sehingga memicu terjadinya luapan air ke permukaan jalan dan pemukiman warga.

“Kalau dihitung jumlah jembatan penyeberangan mulai dari wilayah Kelurahan Mampang hingga Kelurahan Gandul bisa mencapai ratusan. Jika terus dibiarkan lama kelamaan semua bidang kali akan tertutup jembatan,” ujarnya, kemarin.

Hal itu, lanjutnya, tentu akan menimbulkan masalah baru bagi upaya penataan lingkungan. Dari itu, ia berharap Pemerintah Kota (Pemkot) Depok atau dinas terkait segara melakukan pelarangan pembuatan jembatan di atas kali tersebut.

Selain menjadi pemicu banjir, keberadaan jembatan di atas permukaan Kali Cabang Barat kerap dioptimalkan oleh warga menjadi tempat usaha. Kondisi itu jelas melanggar Peraturan Daerah (Perda) tentang Garis Sempadan Sungai dan Ketertiban Umum. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here