Upaya Pemerintah Kota Depok Dalam Memeringati Hari Batik Nasional Membatik Bareng

280

kaki

Untuk menyelamatkan budaya asli Indonesia, Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Kota Depok bekerja sama dengan Dinas Koperasi UMKM dan Pasar (DKUP) Kota Depok menyelenggarakan workshop membatik di Depok Town Square (Detos).

Kegiatan tersebut diikuti oleh orangtua dan anak-anak sekaligus berpartisipasi dalam Peringatan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober kemarin.

Ketua IPEMI Kota Depok, Evy mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan proses membatik kepada masyarakat dan penerus bangsa.

“Peserta sangat antusias, ini merupakan salah satu upaya kita untuk melestarikan budaya membatik. Tidak hanya untuk orangtua, melainkan untuk anak-anak juga sebagai penerus generasi bangsa,” ujarnya seperti dikutip situs resmi Pemkot Depok, kemarin.

Kepala DKUP Kota Depok M Fitriawan menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan adanya kegiatan itu  masyarakat bisa langsung ikut merasakan proses membatik sampai hasilnya bisa digunakan.

Pria yang pernah menjabat sebagai Kepala Diskominfo Kota Depok itu juga berpesan kepada pengrajin batik di Depok, agar terus menggali budaya atau kekhasan yang dimiliki Kota belimbing ini terutama untuk motif batiknya.

“Saya berharap kedepan agar masyarakat Depok lebih menghargai budaya batik yang bahkan sudah diakui oleh UNESCO. Khususnya terhadap kota kita sendiri agar Depok dapat terus memiliki identitas atau ciri khas batiknya,” pungkasnya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here