Belajar Bahasa Arab Tidak Sulit

178

b

Ada anggapan bahwa mempelajari bahasa asing adalah sesuatu yang sulit. Padahal mempelajari bahasa asing belum tentu sesulit yang kita bayangkan.

Hal tersebut diutarakan oleh Doktor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Ahmad Fauzi, M.A., seperti dinukil dari laman UMY, “Padahal bahasa Arab tidak susah, tetapi metodologi mengajarnya yang harus diperbaiki,” ungkapnya.

Salah satu hal yang menyebabkan sulitnya mempelajari bahasa Arab adalah metodologi yang digunakan serta psikologi. “Waktu belajar bahasa Inggris, keinginannya kuat. Sedangkan waktu belajar bahasa Arab, tidak ada keinginan untuk belaja bahasa Arab,” ujarnya.

Selain itu, kesulitan lainnya yang membuat mempelajari bahasa Arab itu nampak sulit adalah pada saat guru menyalahkan mahasiswanya. Menurut Ahmad masih banyak guru di Indonesia yang cenderung menyalahkan mahasiswanya saat berbicara atau mempraktikan suatu bahasa yang dipelajari.

“Berdasarkan pengalaman kuliah saya di Sudan, ketika saya salah berbicara, guru tidak menyalahkan saya dan membiarkan saya melanjutkan perkataan saya. Terkadang dengan menyalahkan mahasiswa, akan dapat mempengaruhi mental belajar mahasiswa tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, dari sisi psikologis masalah hadir dari mahasiswa itu sendiri dimana mereka memiliki mindset tersendiri dalam mempelajari bahasa Arab itu adalah hal yang sulit.

“Oleh karenanya, dosen atau pengajar bahasa Arab harus dapat membawa suasana mahasiswa. Kita harus membuat susana yang menyenangkan sehingga mahasiswa tidak bosan,”

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here