MAN 1 Bogor Pakai e-Voting

519

231

Bogor | Jurnal Bogor

Tahun ini Pemilihan Ketua OSIS (PILKAOS) di Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Kota Bogor mendapat fasilitas dua alat Elektronink Voting (E-Voting) yang diberikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor pada Rabu (28/09).

Sistem E-Voting ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan penyelenggaraan pemilu yang jujur dan adil. “Madrasah Aliyah Negeri Satu (MAN 1) Kota Bogor ikut andil menggunakan E-Voting dalam Pemilihan Ketua OSIS. Dengan demikian, maka sore ini juga kita akan mengetahui siapa yang terpilih menjadi Ketua OSIS MAN 1 Kota Bogor,” ujar Syamsudin selaku Komisioner KPU Kota Bogor Divisi Teknis Pemilu dalam sambutan pembukaan kegiatan tersebut.

Begitu juga Ansurullah, selaku Kepala Kantor Kementerian Agama (KEMENAG) Kota Bogor menambahkan bahwa dengan diadakannya E-Voting di MAN 1 Kota Bogor ini, pihak KEMENAG akan mengembangkan E-Voting ini ke sekolah-sekolah lain yang berada di lingkungan KEMENAG yang bekerja sama dengan KPU.

Gagasan untuk menggunakan E-Voting di sekolah ini muncul dari Majelis Permusyaratan Kelas (MPK) yaitu organisasi siswa yang bertanggung jawab dalam pemilihan Ketua OSIS di MAN 1 Kota Bogor. Septian Wibi, sebagai Ketua MPK mengatakan bahwa, pengggunaan E-Voting di sekolah lain sudah berjalan seperti di SMA Negeri 3 Kota Bogor dan SMA IT Ummul Quro, maka anggota  MPK dibawah persetujuan pihak sekolah sepakat untuk menggunakan E-Voting untuk pemilihan Ketua OSIS tahun ini. Jika sistem ini berjalan lancar, tak menutup kemungkinan untuk tahun-tahun berikutnya MAN 1 Kota Bogor akan selalu menggunakan E-Voting dalam pemilihan Ketua OSIS.

“Dengan menggunakan E-Voting, MPK dapat menghitung hasil dengan lebih cepat dan akurat karena menggunakan perangkat elektronik, tak lagi membutuhkan waktu beberapa hari untuk menghitungnya. Juga untuk menjadikan MAN 1 sebagai madrasah terdepan terutama di bidang Ilmu Pengetahuan Teknologi. Itu pertimbangan kami untuk menyetujui penggunaan E-Voting ini,” ujar Musri Handayani, sebagai Pembina OSIS MAN 1 Kota Bogor.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here