Tapos Kembangkan Mina Padi

297

1

Tapos | Jurnal Depok

Kecamatan Tapos saat ini tengah menggalakan program budidaya Mina Padi. Program tersebut tak lain salah satu proses pertanian yang mengkombinasikan tanaman padi dengan ikan nila. Hal itu diungkapkan langsung oleh Camat Tapos, Muchsin Mawardi.

 

“Tanam padi berikut ikannya, nanti panennya berbarengan setiap empat bulan sekali. Nanti targetnya di tujuh kelurahan. Sebagai langkah awal di Kelurahan Cilangkap dan Cimpaeun,” ujar Muchsin kepada Jurnal Depok, Senin (19/9).

 

Ia menambahkan, proses pembudidayaan Mina Padi bukan tanpa kendala. Di mana, kendala utamanya yakni terletak pada jaring dan bibit ikan. Dari itu, pihaknya telah mengusulkan bantuan ke Dinas Pertanian.

 

“Mudah-mudahan di ABT ini bisa diakomodir, Insha Allah bantuan itu akan dimaksimalkan oleh petani. Sementara dilakukan oleh dua kelompok tani yakni Galang Sari dan H Bonet, tapi nanti bisa berkembang,” paparnya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa program Mina Padi telah digulirkan sejak 2016 ini. Dikatakannya, bahwa panen akan dilakukan dalam satu atau dua bulan ke depan. Keunggulan Mina Padi salah satunya dapat menghambat hama (tikus,red) yang akan kesulitan masuk ke area tanaman padi.

 

“Karena nantinya tanaman padi berada di tengah kolam ikan, jadi dikelilingi kolam ikan. Yang sudah berjalan 6.000 meter, kami menginginkan ke depan lebih banyak lagi,” jelasnya.

 

Ide budidaya Mina Padi tak lain adalah hasil study banding yang telah dilakukan pihaknya dengan para petani ke wilayah Yogyakarta beberapa waktu lalu. Padi yang ditanam, kata dia, merupakan jenis Ciherang.

 

“Saat ini masih jenis padi biasa, kami akan samakan presepsi dengan masyarakat adanya padi hitam. Karena kami juga telah memiliki deplot padi hitam di Cilangkap yang sudah berhasil dan harganya lebih lumayan, petani bisa menjual Rp 15-20 ribu per kilo,” ungkapnya.

 

Melihat besarnya potensi tersebut, piahknya akan bersungguh-sungguh untuk melakukan budidaya Mina Padi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here