Pradi Tinjau Jembatan Panus

304

Sukmajaya | JurnalDepok
nbhl1-pradi-supriatna Wakil Wali kota Depok,Pradi Supriatna meninjau langsung lokasi JembatanPanus yang kini dikabarkan rusak.Pradi yang datang menggunakan motor matic tiba tanpa pengawalan protokol.

“Saya sengaja mau lihat langsung lokasinya.Karena saya dapat kabar jembatan ini sudah rusak,” kata Pradi di lokasi, Kamis (8/9).

Ketika turun kebibir kali untuk melihat dari dekat dirinya sempat terpeleset akibat kondisi jalan yang licin.”Wah bahaya ini licin sekali,” katanya.

Setelah melihat langsung ia pun menghubungi dinas terkait melalui telepon. Pihaknya akan berkordinasi dengan pemerintah pusat. “Jadi kami mau tahu dulu ini kewenangan pusat atau daerah,” ucapnya.

Namun jika respon dari pusat tidak kunjung datang maka pihaknya akan langsung ambil alih. Pihaknya juga masih berkordinasi dengan Bappeda Kota Depok.”Harusnya diberi cor paku bumi,” katanya.

Jembatan Panus yang usianya 99 tahun itu mengalami kerusakan parah di bagian tiang beton.Pasalnya satu tiang beton mengalami pengikisan sehingga mengambang diatas Kali Ciliwung.

Dengan kondisi demikian maka sewaktu-waktu jembatan bersejarah itu bisa ambruk.Saat ini saja truk sudah dilarang melintas karena kerap menimbul kan getaran.

Koordinator Bidang Harta Milik Yayasan Lembaga Cornelis Chastelen (LCC) Depok Ferdy Jonathans mengungkapkan sejak berdiri tahun 1917, jembatan panus tidak pernah mengalami perbaikan.

“Baru belakangan terakhir ini terjadi kerusakan.Ketahuannya adalah ketika saya dan teman-teman dari Komunitas Ciliwung melakukan aksi di jembatan panus.Ternyata satu tiang sudah rusak, bahkan pondasi sudah tidak menyentuh tanah.Hanya satu tiang yang masih menompang,” ucapnya.

Ia mengatakan terkait kerusakan jembatan panus pihaknya meminta kepada pemerintah agar segera memperbaiki. “Sekarang truk-truk nggak bisa lewat, hanya motor dan mobil yang bisa lewat. Keadaan jembatan panus ini juga sudah dimasuk kan kedalam musren bang,” pungkasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here