Harga Sembako Merangkak Naik

237


bhl3
Sukmajaya | Jurnal Depok
Jelang Hari Raya Idul Adha Senin mendatang (12/9) sejumlah harga bahan pokok mulai mengalami kenaikan. Namun, ada beberapa komoditas yang mengalami penurunan.

Salah satu pasar yakni Pasar Agung, Sukmajaya belum mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Lonjakan pengunjung pasar diperkirakan terjadi pada H-1 atau Minggu (11/9).

Meski belum dipadati pengunjung, namun sejumlah bahan pokok sudah mengalami kenaikan. Seperti telur ayam Rp20 ribu per kilogram, sebelumnya Rp19 ribu. Kenaikan sudah terjadi sejak seminggu yang lalu.

Sementara untuk ayam potong, juga mengalami kenaikan hingga Rp5.000. “Untuk satu ekor ayam ukuran kecil Rp35 ribu dan ukuran besar Rp45 ribu. Untuk kenaikan ada dua faktor, pertama masalah stok, kedua karena permintaan tinggi, seperti hari raya ini,” ujar Wihan (25), pedagang ayam potong di Pasar Agung Sukmajaya.

Sedangkan untuk harga cabai, juga mengalami kenaikan rata-rata Rp5.000 per kg, namun cabai rawit merah justeru turun Rp2.000 per kg.

Cabai rawit hijau Rp30 ribu per kg, cabai rawit merah Rp50 ribu, cabai keriting merah Rp60 ribu, cabai keriting hijau Rp35 ribu, cabai hijau besar Rp30 ribu, cabai merah besar Rp60 ribu.

“Cuaca juga cukup berpengaruh terhadap naik turun harga,” kata Rizal (36), pedagang cabai.

Sedangkan harga daging sapi turun Rp3.000 menjadi Rp112 ribu per kg, bawang merah dan bawang putih Rp45 ribu per kg sebelumnya sempat diangka Rp50 ribu per kg. Minyak goreng kemasan Rp13 ribu per liter.

Harga yang stabil adalah sayuran dan beras. Beras termurah dibanderol Rp7.500 per liter jenis IR64, kualitas sedang Cianjur Rp8.500 dan termahal adalah Rp10.000 per liter jenis pandan wangi.

Salah satu warga Sukmajaya adalah Hadi. Dirinya berharap komoditas harga pangan tersebut bisa kembali stabil dan normal kembali.

“Kalau bisa sih harganya malah turun. Ini belum lebaran haji tapi barang-barang kebutuhan pokok sudah pada naik. Tapi memang setiap ada perayaan hari raya, sembako pasti naik. Ya semoga saja, yang lain nggak ikut-ikutan naik,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here