Headline

Video Mahasiswa TolakAhokBeredar

160906094821_tolak_ahok_1_640x360_facebookSeorangmahasiswaUniversitas Indonesia bernamaBobyFebrikSediantomembuatgegerparanetizen.Pasalnya, Bobymenggugahvideo  bertajuk “GemaPembebasan UI TolakAhok”. Dalam video tersebut, Boby yang mengenakanjaketalmamater UI mengutarakankebenciannyakepadaAhokdenganlatarbelakanggedungRektorat UI.Aksinyatersebutsontakmembuatreaksibermacam-macamdarinetizen.Bahkanbanyaknetizen yang menyayangkanhaltersebut.

 

“Boleh yah lembagapendidikanikut-ikutanperpolitikkan kaya gini?Bukannyabuatkampanyeajagakboleh yah?” kata Dian Wijayantidalamakunfacebook.

Netizenlainmengatakan “SeharusnyajangantolakAhok mas, lebihbaikmembuatgerakandukunganuntukcalon yang dipilih. Kalaumisalkanbentuknyatolakan, seharusnya mas mahasiswa UI inimenawarkancalon yang memanglebihbaik, nyatanyatidakditawarkandanhanyamenganjurkanuntukpilih yang lain selainAhok,” kata WisnuAryantoro.

Komentar lain jugadatangdarinetizen lain. “Ternyatakuliah di UI pun gak menjaminotakseorangmanusiajaditerpelajar,” kata SetiadiPermana.

Tapi, sebagianadajuga yang menyatakandukungan.”Saatnyamahasiswaberaniberbicara!LawanAhok, kalau ndak mahasiswasiapalagi,” kata AsmahSalamah.

 

Sementaraituterkaithaltersebut,

pihak UI menyampaikanklarifikasinya. “Kami sampaikandengantegasbahwa video tersebutbersifat illegal atautidakresmidantidakmemilikihakuntukmengatasnamakanUniversitas Indonesia,” ujarKepala Kantor Komunikasi UI RifellyDewiAstuti.

 

Dalamketerangannya, Rifellymenjelaskan video tersebutmerupakanbentuktindakan yang tidakmengindahkanetikakegiatanakademikpadaumumnyadantatatertibkehidupankampuspadakhususnya.

 

“Video tersebuttelahmelanggarKetetapanMajelisWaliAmanatUniversitas Indonesia No.008/SK/MWA-UI/2004tentang Tata TertibKehidupanKampus UI – Pasal 8 yang menyatakanbahwaWargaUniversitas Indonesia dilarangmelakukandiskriminasiterhadap orang lain atasdasar agama, etnisitas, gender, orientasiseksual, orientasipolitikdancacatfisik,” paparnya.

 

Diamengungkapkansaatinipihaknyasudahmemanggilmahasiswatersebut.”Saatinitengahberlangsungtanya-jawabtertutupterkaittindakan yang telahdilakukanmahasiswa yang bersangkutan.Dapat kami sampaikan pula bahwaGerakanMahasiswa (GEMA) Pembebasan UI bukanlahlembagaresmi UI maupunFakultas di UI sehinggatidakdiperkenankanuntukmenggunakannama, logo danatribut UI,” ungkapRifelly.

 

MenurutnyaUniversitas Indonesia sebagaiinstitusipendidikanmenghormatihakindividudanmemberikankebebasanberpendapatbagisetiapsivitasakademika UI namuntetapharusmematuhiaturandantatatertib yang berlaku di UI.

 

“Kami mengajaksegenapsivitasakademikaUI  senantiasamenjaganetralitasinstitusipendidikankitadanbersamamenjagakampus UI agar bebasdarisegalabentukpolitikpraktis,”

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button