Dinkes Berantas Penyakit Menular

208

Ratusan masyarakat melakukan Deklarasi Gerakan Kader Pengawasan Menelan Obat (PMO) Tuberkulosis (TB) di Kampung Lio, Kecamatan Pancoran Mas. Kegiatan itu merupakan upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok khususnya Dinas Kesehatan (Dinkes) dalam memberantas penyakit menular.

 

“Deklarasi ini merupakan komitmen bersama dari Dinkes, Kader PMO serta masyarakat untuk serius menekan angka penderita penyakit menular seperti TB khususnya,” ujar Kepala Bidang Kesehatan Lingkungan Dinkes Kota Depok, Rani Martina seperti dikutip situs resmi Pemkot Depok, kemarin

 

Ia menjelaskan, para kader dituntut untuk mampu memberi motivasi dan dukungan kepada penderita suspek TB, untuk melakukan pengobatan dengan didampingi oleh kader PMO. Nantinya, kader akan melakukan pendekatan-pendekatan khusus agar penderita dapat menjalani pengobatan sampai sembuh.

 

“Kegiatan ini dilakukan di semua kecamatan, masyarakat harus diingatkan terus, agar tertanam bahwa kader PMO hadir untuk mendampingi. Jadi penderita nggak usah malu,” terangnya.

 

Dia menambahkan, kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka mendukung program Pemerintah Kota Depok untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup dari sisi peningkatan kesehatan masyarakat yaitu dengan kegiatan pengentasan penyakit menular.

 

Ia berharap, dengan adanya keberadaan PMO, penderita TB maupun penyakit menular lainnya dapat disembuhkan. Sehingga kasus penderita penyakit menular bisa di tekan di Kota Belimbing ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here