TP4D Plototi Serapan Anggaran

248

Walikota Depok, Mohammad Idris mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terbuka dan menerima pengawalan yang diberikan Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejaksaan Negeri (Kejari) Depok terkait serapan anggaran untuk pembangunan.

 

“Pendampingan ini sangat bermanfaat secara strategis, untuk kelangsungan maupun keberlangsungan penyelenggaraan peraturan daerah, dalam hal pembangunan. Ini juga untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Idris seperti dikutip situs resmi Pemkot Depok, kemarin.

 

Pernyataan tersebut diungkapkan Idris saat menghadiri kegiatan sosialisasi TP4D di Gedung Balaikota Depok. Idris mengatakan, TP4D sebagai jalan tengah ataupun sebuah prinsip yang bisa menengahi dua titik ekstrim dari sikap ASN untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembangunan.
“Dua titik ekstrim ini antara yang sangat takut dan khawatir dan yang terlalu berani, nyelonong tanpa konsultasi dan lainnya. Dengan adanya TP4D harapan kami bisa menjembatani untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan pembangunan, sehingga serapan anggaran yang memang sudah diamanahkan kepada masing-masing dinas bisa terlaksana dengan baik dan benar,” paparnya.
Kepala Kajari Kota Depok, Yudha Purnawan Sudijanto berjanji akan mengawal dan mengamankan perencanaan, pelaksanaan, pemanfaatan maupun hasil pembangunan untuk mencegah timbulnya penyalahgunaan dan penyimpangan kerugian negara.

 

“Setiap ada kegiatan, kalau bapak ibu merasa khawatir tentang pembangunan, minta bantuan TP4D. Sifatnya nggak ada MoU, sekarang sudah bisa langsung. Kalau sudah dikawal, nggak mungkin tim akan menyidik, itu sama saja dengan menampar muka sendiri. Jadi jangan pernah sungkan,” tandas Yudha.

 

Fungsi TP4D, kata dia, diantaranya untuk mengawal penyerapan anggaran, serta untuk percepatan pembangunan, sehingga manfaat pembangunan dapat segera dirasakan oleh masyarakat.

 

Selain itu, tim TP4D dalam tugasnya juga akan melakukan penyuluhan hukum dan pendampingan hukum kepada SKPD dan satuan kerja yang mengelola anggaran di lingkungan Instansi Pemerintah, BUMD dan pihak terkait.

BAGIKAN
Artikulli paraprakKBM di SMAN 11 Terganggu
Artikulli tjetërLurah Pecat Sukwan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here