5 Penyakit Bahaya saat Susah Tidur

218

Gangguan tidur tak hanya sebatas mempengaruhi suasana  hati atau mood, atau berdampak pada sakit kepala. Jika individu mengalami gangguan tidur dalam waktu yang panjang–kemungkinan besar sejumlah penyakit akan berpotensi lebih besar mengintai tubuh.

Mengutip laman Healthy Sleep, ditulis Kamis (1/9) berikut lima penyakit yang perlu diwaspadai para individu dengan gangguan tidur yang berdampak besar terhadap tubuh.

  1. Obesitas

Beberapa penelitian telah menghubungkan adanya pengaruh dari gangguan tidur dengan obesitas. Penelitian menunjukkan bahwa ornag yang biasa tidur kurang dari enam jam per malam berkemungkinan memiliki BMI (Body Mass Index) tinggi. Sedangkan orang yang tidur delapan jam memiliki BMI yang rendah.

Selama tidur, tubuh mengeluarkan hormon yang membantu mengontrol nafsu makan. Namun saat tubuh kekurangan tidur justru menyebabkan peningkatan produksi kortisol yang sering disebut dengan hormon stres, dan berakibat pada sulitnya menahan nafsu makan.

  1. Diabetes

Penelitian epidemiologi mengungkapkan bahwa orang dewasa yang biasanya tidur kurang dari lima jam per malam memiliki risiko yang sangat tinggi untuk mengembangkan diabetes.

 

Untitled-1

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here