Megawati Warning Calon Kepala Daerah

212

Tapos | jurnaldepok.id
Ratusan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah dari Partai PDIP menghadiri sekolah calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Sekolah partai tersebut dibuka langsung oleh Megawati Soekarno Putri Ketua Umum PDIP di Aula Kinasih, Tapos, Selasa (30/8).

Dalam sambutannya, Megawati mengatakan kepada calon kader yang mengikuti sekolah partai tersebut diharapkan mampu menjadi pemimpin yang kuat dan harus konsisten.

“Kenapa sekolah kan kita ini sudah dewasa dan punya pengetahuan cukup untuk menjadi pemimpin. Pikiran itu rasional dan benar. Namun yang saya
perhatikan zaman sekarang jadi pemimpin itu enak ya, ingin jadi raja kecil di daerahnya akhirnya lupa keinginan awal yang tadinya untuk rakyat malah untuk dirinya sendiri,” paparnya.

Ia menegaskan jika sudah punya niat tidak baik ketika mencalonkan diri menjadi kepala daerah sebaiknya jangan menjadi pemimpin. “Satu-satunya yang diharapkan dari seorang pemimpin mampu membawa kemakmuran untuk rakyat. Jika bukan demikian itu tidak pemimpin,” tutur Megawati.

Dirinya juga berpesan kepada seluruh calon kepala daerah yang mengikuti juga harus konsisten. “Bagi kader yang terpilih menjadi petugas partai dan harus mengikuti aturan yang ditetapkan. Jika tidak mau silahkan keluar dari partai. Jangan sekali-kali punya
pikiran menjadi kepala daerah cari uang buat kantong sendiri,” tegasnya.

Sementara itu Sekjen PDIP Hasto Ristianto menjelaskan diadakannya sekolah calon kepala daerah tersebut juga bertujuan mempersiapkan diri dalam Pilkada 2017 mendatang.

“Pilkada bukan sekedar mencari figur saja melainkan bagaimana mempersiapkan calon dan bisa mewujudkan peta kekuasaan yang membangun peradaban tersebut,” katanya kemarin.

Dia memaparkan teknis pemenangan yang dilakukan nantinya berdasarkan rekam jejak pilkada lalu. “Semua kami petakan tapi inti dari pemetaan tersebut bagaimana kami hadir di tengah rakyat dan bisa menjawab yang menjadi kekhawatiran rakyat di dalam sebuah gagasan yang mumpuni,” paparnya.

Ia menjelaskan bicara tentang target pemenangan adalah sesuatu yang dinamis. “Sebaik-baiknya untuk memenangkan adalah kepercayaan rakyat. Ini calon kepala daerah angkatan pertama yang sudah mendapatkan rekomendasi dari PDIP. Pertengahan September mendatang akan ada angkatan kedua,” pungkasnya. n Nur Komalasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here