Nah Loh…Gerindra Kecewa

227

Beji | Jurnal Depok

Pelaksanaan mutasi, rotasi dan promosi sejumlah pejabat di lingkup Pemerintahan Kota Depok Jum’at (19/8) menuai berbagai reaksi dari sejumlah kalangan. Sebagian kalangan mengaku merasa puas dan menilai penetapan sejumlah pejabat yang menempati jabatan strategis sudah tepat dan cukup mumpuni.

Namun disisi lain, tidak sedikit pula yang menilai pelaksanaan mutasi kali ini penuh dengan nuansa politis dan kurang proporsional.

Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Kota Depok, Nuroji justru mengkalaim pelaksanaan mutasi sejumlah pejabat di lingkup Pemerintahan Kota Depok kali ini kurang halus dan kurang elegan, serta terkesan terlalu gaduh. Dia menilai, banyak penempatan pegawai atau pejabat yang kurang tepat pada bidang ilmu dan keahliannya.

“Menurut saya mutasi kali ini kurang halus dan terlalu gaduh, hal ini nyata karena banyak sekali yang komplain dengan saya terkait keputusan walikota dan wakil walikota. Terlebih setelah saya amati masih banyak pegawai dan pejabat yang ditempatkan pada bidang yang tidak sesuai dengan basic keilmuannya,” ujar Nuroji, Selasa (23/8).

Tak hanya itu, ia juga mengaku sedikit kecewa lantaran Partai Gerindara yang notabene sebagai perahu walikota-wakil walikota terpilih  sama sekali tidak dimintai pendapat atau pandangan terkait pelaksanaan mutasi.

“Mutasi memang hak prerogatif walikota, tapi tidak ada salahnya jika walikota memintai pendapat dan pandangan dari berbagai pihak termasuk partai pengusung dalam rencana menempatkan sejumlah pejabat pada jabatan strategis. Meskipun tidak sampai pada tataran keputusan, namun hal ini sama sekali tidak kami lihat dan intinya Partai Gerindra tidak diajak bicara sama sekali,” paparnya.

Anggota Komisi X DPR RI itu berharap, potret buram mutasi perdana para pejabat Pemkot Depok di era kepemimpinan Idris-Pradi ini tidak lagi terulang pada pelaksanaan proses mutasi di masa mendantang, termasuk rencana mutasi gelombang kedua Desember mendatang.

Sementara itu, Ketua LSM Kapok, Kasno mengaku sangat puas dengan  pelaksanaan mutasi kali ini. Pasalnya, menurut dia, selain  kondusif, pelaksanaan mutasi perdana pada pemerintahan Idris-Pradi sudah melalui mekanisme yang benar dan melibatkan semua pihak terkait.

“Kami menilai mutasi jumat kemarin itu sangat kondusif dan informasinya semua pihak dilibatkan, jadi secara umum kami menilai mutasi ini cukup sukses,” ungkap Kasno.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here