Camat-Lurah Diminta Proaktif

273

Margonda | Jurnal Depok

Untuk mewujudkan RW layak anak, Walikota Depokm Mohammad Idris meminta kepada seluruh lurah dan camat untuk proaktif. Diantaranya dengan menyediakan sarana dan prasarana serta kegiatan yang melibatkan anak-anak.

“Camat dan lurah harus proaktif menyediakan taman bermain, PAUD dan ruang-ruang lainnya guna menunjang kebebasan anak dalam berekspresi,” ujar Idris, seperti dikutip situs remi Pemkot Depok, Minggu (28/8).

Pernyataan tersebut diungkapkan Idris saat kegiatan Gelar Ekspresi Anak (GEA) di Lapangan Balaikota. Idris juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta membantu pemerintah dalam merealisasikan program-program yang mendukung Kota Layak Anak (KLA).

Seperti mendidik anak dengan seni, mengajarkan pentingnya menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan serta memberi kasih sayang sepenuhnya bagi pertumbuhan anak.

“Biarkan mereka berekspresi melakukan hal-hal yang diinginkan, namun tetap dalam pengawasan. Dunia anak adalah dunia bermain,” paparnya.

Menanggapi hal tersebut, Lurah Rangkapan Jaya, Dani Ramdani menyambut baik dan siap melaksanakan serta mendukung program pemerintah. Ia menambahkan, kegiatan rutin yang melibatkan anak-anak juga masih dijalankan di setiap masing-masing RW di wilayahnya.

“Kegiatan rutin anak-anak seperti acara 17-an, pawai Muharam masih kami jalankan. Untuk mewujudkan RW layak anak, kami perlu mengomunikasikan dan berkordinasi dengan pemerintah terkait lahan yang akan dijadikan taman bermain dan fasilitas lainnya,” tutur Dani.

Data yang dimiliki Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (BPMK) Kota Depok sampai dengan Juni 2016, jumlah anak-anak sebanyak 664.583 jiwa dari jumlah total penduduk  2.121.336 jiwa.

Artinya 30 persen penduduk Kota Depok adalah anak-anak. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Depok gencar mewujudkan Program KLA guna memberi ruang gerak bagi anak untuk bebas berekspresi dalam masa pertumbuhan mereka. camat lurah

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here