8.060 Mahasiswa UI Diwisuda

186

Beji | Jurnal Depok
Sebanyak 8.060 mahasiswa Universitas Indonesia melakukan prosesi wisuda kemarin. Rektor Universitas Indonesia Muhammad Anis mewisuda mahasiswa Program Pendidikan Diploma/Vokasi, Sarjana hingga Doktoral semester genap tahun akademik 2015/2016. Pada kelulusan kali ini, sebanyak 1.751 orang yang berhasil lulus dengan predikat cumlaude.

Salah satu dari sekian banyak wisudawan yang berprestasi diukir pula dua mahasiswa berkebutuhan khusus atas nama Prayogo Triono (tuna daksa) dan Hendi Hogia (tuna netra) dari Fakultas Psikologi.

“Mereka yang penyandang berkebutuhan khusus tersebut berhasil menyelesaikan perkuliahannya masing-masing selama 4 tahun dan 4,5 tahun,” ujar Rektor UI.

Para upacara wisuda program Sarjana Reguler dan Sarjana Kelas Internasional, UI melepas 2.781 lulusan Sarjana yang terdiri atas 2.592 lulusan Program Sarjana Reguler dan 189 wisudawan Sarjana Kelas Internasional. Pada program Sarjana Reguler.

Mahasiswa Berprestasi Nasional 2016 Irman Faiz juga turut diwisuda pada upacara wisuda semester genap kali ini. “Irman merupakan lulusan program studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis,” tambah Anis.

Dirinya mengatakan sebagai institusi pendidikan, UI berperan penting meningkatkan daya saing bangsa Indonesia.

“World Economic Forum merilis Global Competitiveness Report 2015-2016 yang menunjukkan peringkat daya Saing Indonesia menurun menjadi peringkat ke-37 dari 140 negara yang dinilai,” ungkap Anis.

Untuk itu, pihaknya berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan mutu pendidikan bangsa guna menghasilkan lulusan yang unggul dan tangguh yang secara langsung berdampak pada peningkatan daya saing lulusan di tingkat global.

“Saya berpesan kepada para wisudawan, mahasiswa dan sivitas akademika UI, kalian merupakan panji-panji UI yang akan terus berkibar. Isi kemerdekaan dengan komitmen dan semangat untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan serta menciptakan ragam inovasi sebagai bekal bangsa Indonesia untuk mandiri dan berdaya saing di era globalisasi,” paparnya.

UI juga melaksanakan Upacara Wisuda untuk Program Profesi, Spesialis, Magister dan Doktor yang diikuti oleh 3.070 Wisudawan. Terdiri atas 312 wisudawan Program Profesi, 348 wisudawan Program Spesialis, 2.215 wisudawan Program Magister dan 195 wisudawan Program Doktor. Serta dilanjutkan dengan upacara wisuda sesi terakhir untuk Program Sarjana Paralel, Sarjana Ekstensi dan Vokasi (14.30 – 16.30) dengan jumlah wisudawan sebanyak 2.209 orang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here