Kemenag: Semua Visa Rampung

218

Margonda | Jurnal Depok

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok, A Cholik Mawardi mengatakan hingga saat ini visa jamaah haji asal Kota Depok telah rampung secara keseluruhan. Hal itu dikatakan Cholik saat melepas rombongan jamaah haji asal Depok di Masjid Agung Balaikota Depok.

“Alhamdulillah, staf kami bekerja 24 jam. Hari ini mestinya ada satu orang yang ter cancel karena visanya belum selesai. Akhirnya kami kejar dan koordinasi ke pusat dan dikoordinasikan ke Keduatan Arab, karena kemarin hari libur dan Alhamdulillah tadi malam (kemarin malam,red) visa telah terselesaikan,” ujar Cholik kepada Jurnal Depok, Senin (15/8).

Ia menambahkan, seluruh jamaah haji yang diberangkatkan kemarin sebanyak 444 telah memiliki visa seluruhnya. Termasuk seluruh visa jamaah haji asal Kota Depok yang berjumlah 1.222 orang.

“Pemberangkatan jamaah haji asal Depok dibagi enam kali pemberangkatan mulai dari tanggal 15, 20, 31, tanggal 1 dan seterusnya. Kami berangkatkan secara bergelombang, pada tanggal 20 Agustus nanti kami berangkatkan kembali 444 jamaah,” paparnya.

Dikatakannya, sesuai dengan SOP, bagi seluruh jamaah yang berangkat 24 jam sebelumnya barang-barang yang akan dibawa harus sudah masuk ke embarkasi. Di sanalah, kata dia, dilakukan pemeriksaan oleh semua pihak termasuk dari imgrasi dan bea cukai.

“Di embarkasi mereka akan melakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter-dokter kesehatan pelabuhan yang bertanggungjawab atas keluar masuknya orang. Di sana akan dipersiksa oleh dokter KKP, yang 50 tahun ke bawah biasanya periksa urine. Paspornya akan diberikan di sana termasuk biaya hidup selama di sana sebesar 1.500 real,” terangnya.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna sesaat sebelum melepas ratusan jamaah menyampaikan pengalamannya ketika dirinya berada di sana.

“Kita harus khusyuk di sana, kami berdoa semoga menjadi haji yang mabrur. Harapan kami mereka tidak berpisah pada saat melakukan tawaf, sa’I, wukuf dan lainnya. Hendaknya saling mengingatkan di sana,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here