Kampung Lio Bakal Ditata

209

Pancoran Mas | Jurnal Depok

Pemerintah Kota Depok langsung sigap dan tanggap untuk membantu para korban kebakaran di Kampung Lio, Kecamatan Pancoran Mas. Bahkan, walikota-wakil walikota Depok terjun langsung meninjau lokasi dan berdialog dengan para korban.

Walikota Depok, Mohammad Idris mengatakan kawasan Kampung Lio harus ditata dan dibenahi secara komperhensif. Pasalnya, di wilayah tersebut merupakan wilayah yang padat penduduk.

“Ini lokasi yang dikenal salah satu daerah yang memang perlu dilakukan penataan dari berbagai hal. Pertama penataan kependudukan, kedua penataan tempat, kepemilikan dan sebagainya,” ujar Idris saat meninjau lokasi pasca kebakaran di Kampung Lio, Rabu (10/8).

Tak hanya itu, Idris juga telah meminta dinas terkait, camat, lurah, RT/RW untuk melengkapi data dan status warga. Adapun warga yang telah kehilangan KTP nantinya bisa diberikan surat keterangan dari kelurahan.

“Siapapun yang masuk ke Depok harus terdata, dari mana pun mereka. Kami akan lihat datanya seperti apa, kalau datanya sudah jelas akan kami lakukan tindakkan selanjutnya,” paparnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga tengah berupaya untuk meringankan traumatik yang dialami korban kebakaran. Dikatakannya, logistik saat ini telah standby dengan stok yang cukup untuk membantu para korban.

“Kami melakukan bantuan berupa penanganan kedaruratan, sehingga mereka bisa makan, mendapatkan air bersih, tempat tinggal sementara dan fasilitas kesehatan,”jelasnya.

Untuk para lansia, sambungnya, pemerintah menawarkan agar mereka bisa tinggal sementara di Rumah Perlindungan Sosial di wilayah Beji.

“Kami akan melakukan juga pendataan dari sisi bangunan dan kepemilikan, kalau dibangun kan harus ada sertifikatnya, bangunannya seperti apa dan siapa yang membangun. Kalau itu kontrakkan kan ada aturannya sehingga nanti tidak terkesan kumuh,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Idris juga menyempatkan diri berdialog dengan para korban kebakaran baik dengan para orang tua maupun anak-anak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here