300 Polisi Amankan Jamnas

213

Margonda | Jurnal Depok
Jelang pembukaan Jambore Nasional (Jamnas) Pramuka ke-X di Bumi Perkembahan Cibubur, pada 14-21 Agustus 2016, lalu lintas di wilayah tersebut ramai lancar. Sejumlah pengamanan pun mulai dilakukan.
Rencananya, acara akan dihadiri dan dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo. Pembukaan berlangsung pukul 08.00-10.00 WIB.
Seluruh polisi yang menjadi wilayah hukum daerah tersebut berkoordinasi mengamankan wilayah. Diantaranya, Jakarta Timur, Bekasi, Depok, dan Bogor.
“Kami sudah berkoordinasi masing-masing Polres, terutama soal pengamanan kelancaran lalu lintas pada saat jelang acara dan pembukaan,” ujar Kompol Sutomo, Kasat Lantas Polresta Depok, Jumat (12/8).
Arahan dilakukan oleh Kapolda Metro, Jaya Irjen Pol Moechgiyarto. Pada saat pelaksanaan Jambore Nasional Pramuka diperkirakan ada ratusan bus melintas Bumi Perkemahan dan Graha Wisata (Buperta) Cibubur yang mengangkut para anggota Pramuka.
“Kami juga antisipasi kemacetan di sepanjang jalan alternatif Cibubur, Polresta Depok kerahkan 300 lebih personel nanti bergabung dengan Polres lainnya,” tandasnya.

Ia menambahkan, Satlantas Polresta Depok memberlakukan rekayasa lalu lintas pada saat acara pembukaan. Tentunya koordinasi dilakukan dengan sejumlah Polres yang dilintasi lokasi tersebut seperti Jakarta Timur, Bogor, Depok, dan Bekasi.
“Kami lakukan rekayasa lalin pada saat hari H pembukaan karena Presiden dijadwalkan hadir pukul 08.00 WIB-10.00 WIB,” katanya.

 

Sutomo menambahkan rekayasa lalin yakni dengan menutup Jalan Cileungsi-Cibubur untuk kendaraan umum dan pribadi pada saat pembukaan Jambore. Namun hal itu hanya bersifat imbauan bukan sterilisasi.
“Bukan disterilkan, tetapi kami hanya mengimbau agar pukul 08.00 WIB-10.00 WIB masyarakat jangan melintas dulu,” katanya.
Pihak Satlantas Polres Depok mengamankan lalu lintas dengan menerjunkan 160 polantas. Imbauan juga berlaku bagi sepeda motor.
“Kalau yang mau jalan-jalan lewat situ, setelah jam 10.00 WIB saja kalau bisa setelah pembukaan,” pungkasnya.

BAGIKAN
Artikulli paraprak101 PKL Digusur
Artikulli tjetërHasyim Sorot Kasus Fredy

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here