Mengintip Hasil Tes Kesehatan Walikota Depok : Idris Tetap Bugar

262

Meskipun telah menginjak usia 55 tahun, namun Walikota Depok, Mohammad Idris masih memiliki kebugaran tubuh yang mumpuni. Pola makan yang teratur dan hidup sehat rupanya menjadi kunci pria lulusan Gontor tersebut.

Hal tersebut terlihat ketika ia melakukan tes kebugaran di lapangan balaikota Jumat (5/8). Tes kebugaran itu diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Depok bagi seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemkot Depok.

“Orang sehat belum tentu bugar, namun sebaliknya orang bugar sudah pasti sehat,” ujar Noerzamanti Lieskarmawati,  Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok.

Ia menambahkan, tes kebugaran dilakukan untuk meningkatkan kinerja ASN. Dikatakannya, jika ASN tidak sehat bagaimana bisa bekerja dengan maksimal.

Dalam tes kebugaran itu pihaknya menggunakan metoda rockport  yaitu menghitung waktu yang diperlukan peserta tes kebugaran  menempuh jarak 1.600 Meter. Sebelumnya, peserta dicek denyut nadinya dan setelah menempuh jarak 1.600 Meter dicek kembali denyut nadinya.

“Bagi ASN  yang hasil tesnya belum bugar akan dilakukan konseling pola makan, dan olahraga,” katanya.
Dijelaskannya, hasil tes kebugaran Walikota Depok baik, setelah dilakukan pengecekan denyut nadi sebelum dan sesudah menempuh jarak 1.600 Meter. Denyut nadi Idris, kata dia, 80/menit sebelum tes dan 128 /menit sesudah melakukan tes dengan waktu tempuh 11 menit 25 detik dengan Vomax 34.

Adapun olahraga yang dianjurkan untuk orang nomor satu di Kota Depok itu adalah jogging, bersepeda, senam, renang, olahraga permainan dengan frekuensi empat sampai lima kali per minggu   dan intensitas antara 40 sampai 60 menit.
“Alhamdulilah hasilnya baik berarti saya bugar,” ungkap Idris.

Idris berharap, kegiatan tersebut harus terus dilakukan agar para ASN sehat dan bugar sehingga dapat bekerja dengan baik dan maksimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here