Dana Mengendap Depok Rp 1,31 T

221

Margonda | Jurnal Depok
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengungkapkan sejumlah daerah di kabupaten dan kota yang menyimpan sebagian besar dananya di bank. Salah satunya adalah Kota Depok  yang mencapai angka Rp1,31 triliun.

Kemudian terdapat kota lain diantaranya Kabupaten Bogor tercatat menyimpan dana Rp1,9 triliun, Kabupaten Badung Rp1,6 triliun, Kabupaten Bandung Rp1,6 triliun, Kabupaten Bekasi Rp1,5 triliun, Kabupaten Tanah Laut Rp1,3 triliun, Kabupaten Kediri Rp1,39 triliun, Kabupaten Berau Rp1,37 triliun, dan Kabupaten Nias Rp1,31 triliun.

Simpanan dana di bank pemerintah Kota Medan tercatat Rp2,27 triliun, Kota Surabaya Rp1,85 triliun, Kota Tangerang Rp1,36 triliun, Kota Cimahi Rp1,52 triliun, Kota Magelang Rp1,1 triliun, Tangerang Selatan Rp1,03 triliun, Kota Serang Rp948 miliar dan Kota Mojokerto Rp 917 miliar.

Menanggapi hal tersebut Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna mengatakan pihaknya segera berkoordinasi dengan jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) guna menindaklanjuti pengendapan anggaran di bank.

Dirinya mengaku belum mengkonfirmasi secara langsung berapa dana Pemkot Depok yang masih mengendap tersebut.

“Saya sudah menerima informasi dana Pemkot Depok yang masih di bank. Tapi dana apa dan peruntukannya buat apa saya belum tahu,” ungkapnya.

Ia memperkirakan dana yang masih mengendap tersebut merupakan dana Pemkot Depok yang selama ini belum diserap sejak kepemimpinan Nur Mahmudi Ismail.

Menurutnya, ada beberapa alasan serapan anggaran tersebut tidak terserap dengan baik, antara lain banyaknya proyek yang terlantar dan gagal lelang.

Meski demikian Pemkot Depok optimistis jajaran OPD akan bekerja lebih cepat pada semester kedua tahun ini seiring Presiden Jokowi telah memanggil kalangan kejaksaan dan kepolisian untuk tidak memidanakan kegiatan akselerasi dan inovasi daerah.

Sementara itu Ketua DPRD Kota Depok Hendrik Tangke Allo mengatakan pihaknya belum menerima informasi resmi terkait dana yang mengendap di bank tersebut.

“Badan anggaran di DPRD juga belum terima soal dana di bank itu. Jika pun memang ada, harusnya jangan sampai tidak terserap karena masih banyak program yang belum dilaksanakan,” tutupnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here