Harga Daging Sapi Turun Goceng

210
Wakil Walikota Depok ketika sidak bahan kebutuhan pokok di Pasar Agung, Sukmajaya

Sukmajaya | jurnaldepok.id

Hari kedua di bulan Ramadan, harga-harga sembako, daging sapi dan juga komoditas lainnya terpantau fluktuatif. Bahkan harga daging sapi beberapa waktu lalu sempat menyentuh angka Rp 130 ribu. Tingginya harga daging sapi tersebut, mengakibatkan Pemkot Depok berencana akan menggelar operasi pasar.

“Setelah saya lakukan pemantauan, beberapa harga memang ada yang naik, yang tetap bahkan turun. Seperti contohnya daging sapi. Sebelumnya harga daging sapi Rp 130 ribu, kini di harga Rp 122 ribu hingga Rp 125 ribu,” ujar Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna saat melakukan sidak di Pasar Agung, Sukmajaya, Selasa (7/6).

Ia menambahkan tak hanya daging sapi, dirinya menyoroti harga daging ayam yang mengalami kenaikan. “Hanya harga daging ayam yang masih tinggi karena tergantung pasokan, jadi walaupun hari biasa juga kalau pasokan terbatas memang tinggi harganya,” kata Pradi, Selasa (7/6).

Dirinya memaparkan harga cabai merah pun mengalami kenaikan Rp 2.000. Semula harganya Rp 24.000 kini menjadi Rp 26.000 per kilogram. Bawang putih mengalami kenaikan cukup tinggi sampai Rp 5.000 per kilogram. Semula Rp 40.000 menjadi Rp 45.000 per kilogram.

“Kalau bawang bombay stabil hanya Rp 18.000 per kilogram,” kata Siti, salah satu pedagang di Pasar Agung.

Terkait kenaikan harga, Pradi mengatakan akan menggelar operasi pasar di seluruh pasar di Depok. Hanya saja waktunya belum dipastikan. “Kami sediakan lebih dari 2000 paket,” katanya.

Pihaknya akan berkordinasi dengan dinas terkait yaitu Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Pasar. “Yang jelas kami berharap ini bisa tepat sasaran. Artinya memang ditujukan untuk warga kurang mampu,” pungkasnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Depok Agus Suherman mengatakan pihaknya berencana akan menggelar operasi pasar minggu kedua di bulan Ramadan.

“Rencananya minggu kedua, kalau sekarang kami masih terus pantau harga sembako dan komoditas lainnya. Untuk menggelar operasi pasar butuh koordinasi juga dengan Bulog,” terangnya.

Hingga kini harga komoditas lain yang disoroti adalah daging sapi dan daging ayam. “Iya keduanya memang masih naik turun. Daging sapi di angka Rp 120 ribu Rp 125 ribu, daging ayam sekitar Rp 23-40 ribu,” ucap Agus.

Sementara itu harga daging sapi di pasar Cisalak juga mengalami penurunan. Sebelumnya menyentuh angka Rp 120 ribu per kg, kemarin turun menjadi Rp 110 ribu.

“Iya sekarang sudah turun. Hari pertama bulan puasa per kg nya Rp 120 ribu, kini Rp 110 ribu per kg,” tutur Kepala UPT Pasar Cisalak Nelson Da Silva.

Harga yang mengalami penurunan juga terjadi pada telur ayam, bawang putih. Sedangkan yang mengalami kenaikan terjadi pada cabai merah keriting, cabai merah biasa dan kacang tanah kupas. “Untuk harga cabai merah keriting sebelumnya Rp 20 ribu menjadi 22 ribu. Sedangkan harga cabai merah biasa sebelumnya Rp 20 ribu menjadi Rp 30 ribu,” tandasnya.n Nur Komalasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here