Pemalsu Air Kemasan Diciduk

269

Margonda | Jurnal Depok

Polresta Depok berhasil mengungkap kasus pemalsuan air kemasan di kawasan Limo, Depok. Secara kasat mata, kemasan air ini sangat mirip dengan aslinya. Bahkan pelakunya membuat tutup galon dan segel yang sama dengan aslinya.

Terungkapnya kasus ini bermula dari laporan masyarakat yang curiga. Pasalnya, ada gudang penyimpanan air kemasan namundiduga palsu. Setelah diselidiki, polisi mengamankan RAS, 33.

Kasat Reskrim Polresta Depok Kompol Teguh Nugroho mengatakan, pelaku kedapatan sedang memasukkan air biasa atau air sumur ke dalam galon. Kemudian galon ditutup dan disegel menyerupai kemasan aslinya yang sudah sangat terkenal merknya.

“Setelah dikemas sama seperti asli, pelaku menjual ke konsumen,” katanya, Minggu (4/6).

Pelaku sudah tiga bulan menjalankan bisnis ini dengan keuntungan jutaan rupiah. Dari tiap galon kemasan palsu, pelaku mendapat untung Rp 3.500. Sehingga per bulan keuntungan yang didapat Rp 2,7 juta. “Sudah berlangsung sejak Februari 2016,” ungkapnya.

Dari tangan pelaku disita 426 buah tutup galon, enam buah filter air, kompor gas dan alat lainnya serta satu uni mobil pick up yang digunakan untuk antar air ke konsumen. Pelaku dijerat pasal 62 UU RI No 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. “Ancamannya lima tahun penjara,” tandasnya.n Nur Komalasari

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here