Walikota Bantah Ada Intervensi Terkait Mutasi

Walikota disaksikan Asisten dan Kepala BKD saat menandatangani SK Pelantikan pejabat di lingkup Pemerintah Kota Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris melantik dua kepala dinas hasil lelang jabatan yakni Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), H Dadan Rustandi dan Kepala Dinas Sosial, H Usman Haliyana.

Idris mengatakan, tertundanya pelantikan dua kepala dinas dan pejabat pemkot lainnya bukan karena adanya intervensi dari pihak mana pun, melainkan ada aturan yang telah ditetapkan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

“Untuk pejabat eselon II memang sedikit membutuhkan waktu karena memang harus atas rekomendasi dari KASN. Alhamdulillah sudah direkomendasi empat yang ikut tes kemudian Baperjakat mempertimbangkan berbagai hal terkait dengan masalah kesehatan, sikotes dan sebagainya,” ujar Idris kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ditegaskan Idris, bahwa tidak ada intervensi dari pihak mana pun terkait dengan pelantikan tersebut.

“KSN independen dan mereka juga professional, tidak hanya melihat sosoknya tapi juga melihat dokumennya, betul enggak dokumennya sesuai persyaratan yang ditentukan. Perpindahannya dilihat juga, ada enggak hal-hal menurut mereka sesuatu yang ganjil dan sebagainya,” terangnya.

Dengan demikian, sambungnya, kajian dan pembahasan di Komisioner KASN sedikit membutuhkan waktu disamping para komisioner tersebut merupakan mantan-mantan pejabat tinggi ditingkat nasional, sehingga mereka juga tak mudah untuk bisa kumpul.

Wakil Walikota Depok, Pradi Supriatna mengungkapkan proses mutasi dan rotasi jabatan di lingkup Pemerintah Kota Depok telah hasil diskusi yang melibatkan dirinya.

“Kami pikir kali ini prosesnya berjalan cukup lancar, semua aturan dan mekanisme diikuti, ini betul-betul independen. Kami menerima memang sudah dari hasil yang cukup panjang, kami berharap mereka semakin semangat dan bergairah dalam bekerja karena bagaimana pun mereka telah mengikuti uji kopetensi yang luar biasa,” tandasnya.

Usai dilantik Kepala Dinas PUPR Kota Depok, H Dadan Rustandi mengaku sudah memiliki program kerja jangka pendek.

“Kami akan fokus pada penanganan infrastruktur Kali Laya, normalisasi situ dan rencana pemeritah yang akan membangun underpas Dewi Sartika,” ungkapnya.

Sementara itu mantan Camat Bojongsari yang saat ini menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial, H Usman Haliyana mengaku akan melanjutkan program kerja yang selama ini telah dilakukan di Dinas Sosial.

“Kami juga akan melakukan inovasi-inovasi untuk menangani masalah sosial yang ada di Kota Depok,” katanya.

Dalam kesempatan itu walikota juga melantik lurah, camat dan pejabat fungsional serta struktural di lingkup Pemerintah Kota Depok. Lebih dari 150 ASN dilantik dan diambil sumpahnya di lantai 1 Balikota, kemarin. n Rahmat Tarmuji

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here