Asset KUD Soliamitra Rp 25 Miliar

Pengurus Koperasi Soliamitra foto bersama

Limo | jurnaldepok.id
Ratusan perwakilan anggota Koperasi Unit Desa (KUD) Soliamitra, kemarin mengikuti Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke – 29 tahun buku 2018.

Ketua KUD Soliamitra, Suhada dalam pemaparan laporan pertanggung jawaban (LPJ) kegiatan usaha Koperasi menjelaskan meskipun pada tahun lalu banyak unit usaha yang mengalami penurunan sisa hasil usaha (SHU) lantaran beberapa faktor kendala, namun kata dia sampai akhir bulan Desember 2018, KUD Soliamitra masih mendapat keuntungan atau sisa hasil usaha sebesar Rp 192.628.523 dan itu diluar jasa anggota dan hadiah umroh.

“Jumlah Asset KUD Solimitra hingga akhir tahun 2018 sebesar Rp 25.767.050.095, ” ungkap Suhada.

Dikatakannya, meskipun sisa hasil usaha (SHU) hanya sebesar Rp 192.628.523, namun sejatinya keuntungan kegiatan usaha Koperasi cukup besar yang sudah dibagikan kepada anggota dalam bentuk insentif.

“Lebih dari Rp 500 juta kami sudah keluarkan untuk insentif para anggota, makanya sisa hasil usaha terkesan hanya sedikit, ” imbuhnya.

Dia menambahkan, dari beberapa unit bidang usaha di Koperasi Soliamitra, unit usaha usaha simpan pinjam, Grosir dan Minimarket masih merupakan unit andalan dalam meraup keuntungan.

Bicara masalah menurunnya keuntungan dari sejumlah unit usaha, Suhada mengungkapkan berbagai faktor penyebab, diantaranya munculnya tardisi berbelanja dengan menggunakan sistem online, dan ini yang menjadi salah satu faktor penyebab terbesar menurunnya omzet dan laba koperasi.

Selain diikuti oleh ratusan anggota, kegiatan rapat anggota tahunan ke – 29 Koperasi Soliamitra juga dihadiri oleh Camat Limo, Herry Restu Gumelar, Lurah Limo, Danudi Amin, perwakilan Dinas Koperasi Kota Depok, Andi Koswandi, serta sejumlah unsur lainnya.

Pada kesempatan itu, sejumlah anggota mendapatkan hadiah doorprize berupa alat elektronik dan hadiah umroh untuk Karyawan dan anggota. n Asti Ediawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here