Baru 8 Bulan Berdiri, Asset Koperasi Hiswana Migas Capai Rp 1,5 M

Ketua dan Pengurus Koperasi Hiswana Migas Depok saat menggelar RAT

Laporan: Rahmat Tarmuji
Baru delapan buran didirikan namun asset Koperasi Hiswana Migas Depok telah mencapai Rp 1,5 miliar. Hal itu terungkap pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Hiswana Migas Depok yang pertama.

“Alhamdulillah asset kami saat ini hampir mencapai Rp 1,5 miliar, kami baru delapan bulan berdiri. Anggota kami rata-rata dari agen gas elpiji,” ujar H Athar Susanto, Ketua Koperasi Hiswana Migas Depok, Rabu (27/3).

Ia mengatakan dalam RAT itu lebih difokuskan pada program kerja pengurus untuk memenuhi kebutuhan agen maupun SPBU.

“Kami menargetkan kenaikkan asset ini bisa mencapai 20 persen di tahun depan, begitu juga dengan rekrutmen anggota yang baru, seluruh pangkalan kami akan ajak, di Depok ada 600 pangkalan. Kalau anggota luar mau gabung silahkan, nanti menjadi anggota istimewa,” paparnya.

Dikatakannya, system simpan pinjam yang dilakukan Koperasi Hiswana Migas Depok mengunakan system syariah.

“Kami juga akan melakukan pelatihan-pelatihan terhadap anggota. Untuk suku bunga maksimal kami terapkan satu persen,” katanya.

Pengawas Koperasi Hiswana Migas Depok, H Yahman mengatakan pihaknya telah melakukan pengawasan dan evaluasi terhadap pengurus.

“Hasil pengawasan Alhamdulillah cukup baik, kami telah memiliki gedung dan asset permodalan. Memang anggotanya saat ini baru 34 orang yang merupakan pendiri, ke depan setelah RAT kami akan rekrut seluruh pangkalan yang ada di Depok ini untuk bergabung,” tandasnya.

Terkait kepengurusan, Yahman merasa yakin mereka mampu membesarkan koperasi dikarenakan seluruhyna berlatarbelakang pengusaha.

“Kami aktif mengawasi program, kinerja maupun keuangannya. Kami tidak khawatir, namun yang namanya koperasi atau orgisasi harus tetap diawasi,” jelasnya.

Dikatakannya, bahwa agen dan pangkalan memliki keterkaitan dan terdaftar di Pertamina.

“Kalau mereka begrabung In Sya Allah kebutuhan mereka akan kami suplay, kami juga akan membuatkan asuransi untuk para anggota,” ungkapnya.

RAT yang digelar di salah satu hotel di kawasan Margonda dihadiri pula oleh perwakilan Dinas Koperasi dan Dekopinda Kota Depok. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here