Kepsek SMK Negeri 2 Depok Jamin Soal UNBK Tak Bocor

Kepala SMK Negeri 2 Depok saat memantau jalannya UNBK

Sawangan | jurnaldepok.id
Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kemarin serentak digelar. Salah satunya SMK Negeri 2 Depok yang kemarin melaksanakan UNBK.

“Di kami ada 516 siswa yang ikut UNBK, Alhamdulillah lancar enggak ada kendala di hari pertama ini,” ujar Tatang Komarudin, Kepala SMKN 2 Depok, Senin (25/3).

UNBK yang dibagi dua sesi tsebut, di hari pertama kemarin para siswa mengerjakan soal Bahasa Indonesia.

“Jumlah soal yang diujikan sebanyak 50 soal dengan waktu 120 menit, soal pilihan ganda semuanya. Setiap siswa mendapat soal yang berbeda, meskipun di dalam satu ruangan. Dengan begitu kami yakin siswa tidak bisa mencontek apalagi adanya soal yang bocor, karena soal baru muncul setalah 20 menit siswa berada di dalam ruangan,” paparnya.

Untuk menunjang kelancaran UNBK, pihak SMKN 2 Depok menggunakan delapan ruang kelas setiap sesinya. Sementara untuk PC disiapkan 258 unit dan cadangan 10 persen.

“Untuk mengantisipasi terjadinya listrik padam, kami siagakan dua buah genset. Sekolah kami juga memiliki daya listrik yang mumpuni yakni sebesar 100 ribu KVA,” terangnya.

Di hari kedua dan selanjutnya, mata ujian yang diujikan yakni Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan. Terkait penilaian UNBK, scara langsung dilakukan oleh pusat yakni Puspendik. Dengan demikian, tak mungkin pihak sekolah ikut campur dalam penilaian.

“Sementara untuk ujian praktek akan dilakukan setelah UNBK mulai dari tanggal 1 sampai 12 April. Kami telah menggunakan LSPP1, nantinya siswa yang lulus selain mendapat ijazah juga mendapatkan sertifikasi siswa dari BNSP, ini sudah tahun kedua kami menggunakan itu,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here