Kawal Keutuhan Suara, Ribuan Saksi PPP Digembleng

0
177
Ketua DPC PPP Kota Depok, Hj Qonita Luthfiyah saat memberikan sambutan dalam acara Bimtek

Bojongsari | jurnaldepok.id
DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Depok menggelar bimbingan teknis (Bimtek) bagi ribuan saksi se Kota Depok. Bimtek dimulai untuk ratusan saksi yang berada di daerah pemilihan enam (Sawangan, Bojongsari dan Cipayung).

“Kami sengaja menggelar bimtek per dapil dan satu kecamatan kurang lebih ada 150 saksi, maksimal kami saksi per dapil 150 orang. Bimtek kami mulai dari tanggal 9 Maret sampai selesai,” ujar Hj Qonita Luthfiyah, Ketua DPC PPP Kota Depok, kemarin.

Ia menambahkan, di Depok saat ini terdapat 5.763 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jumlah tersebut dimanfaatkan PPP untuk menempatkan minimal satu saksi per satu TPS.



“Alhamdulillah, saat ini jumlah saksi telah mencapai 70 persen dan kami yakin nanti menjelang hari H bisa mencapai 100 persen. Kami tempatkan saksi mulai dari TPS, kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota,” paparnya.

Adapun materi yang diberikan di dalam bimtek tersebut meliputi aturan sah atau tidaknya suara, hak dan kewajiban saksi, masalah teknis pengumpulan C1 dan pengamanan suara.

“Saksi ini bagian terpenting dalam pemilu, makanya kami ambil dari struktur partai, konsituen hingga simpatisan. Dengan harapan, saksi tidak hanya mengamankan suara tapi juga bisa sebagai penyumbang suara,” terangnya.

Dalam bimtek tersebut, pihaknya menghadirkan narasumber dari internal partai dan Bawaslu Kota Depok.

Wakil Ketua DPC PPP Kota Depok, Mazhab HM mengatakan saksi partai di TPS perannya sangat signifakan, karena para saksilah yang mengawal demokrasi secara jujur dan adil dan menghindari kecurangan yang terjadi.

“Oleh karenanya PPP saat ini sedang focus dan konsentrasi merekrut para saksi, dari kurang lebih 5.700 saksi yang dibutuhkan di tiap TPS se Kota Depok, PPP sudah merekrut saksi sebnyk 3.900 saksi, sisanya masih ada waktu satu bulan kedepan utuk terus kami rekrut,” tandasnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sangat pentingnya para saksi di tiap TPS, maka PPP akan melakukan bimtek para saksi.

“Bimtek sudah kami mulai dari dapil Sawangan, Bojongsari dan Cipayung, kami mulai dari tanggal 9 Maret- 24 Maret. Bimtek ini kami akan lakukan per dapil atau per kecamatan, bimtek ini penting dilakukan untuk menambah pengetahuan para saksi dan bekal mereka pada saat tugas nanti,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here