PDAM Target 7.500 Pelanggan Baru

0
73
Beberapa pekerja saat melakukan pekerjaan instalasi jaringan air milik PDAM

Sukmajaya | jurnaldepok.id
Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Asasta Kota Depok, M Olik Abdul Holik menargetkan 7.500 pelanggan baru pada tahun 2019.

“Target kami di 2019 ada penambahan 7.500 pelanggan baru dari total yang ada saat ini sebanyak 65 ribu pelanggan. Untuk mencapai 100 ribu pelanggan butuh waktu empat tahun ke depan, karena masih perlu dukungan yang luar biasa,” ujar Olik belum lama ini.

Ia menambahkan, dalam buisnis plain dibutuhkan Rp 1,7 triliun untuk penambahan 100 ribu pelanggan atau sekira 35 persen. Namun, kata dia, pihaknya baru mendapatkan Rp 16 miliar.



“In Sya Allah kami juga akan terus meningkatkan laba, tahun ini kami targetkan Rp 21 miliar dan di tahun 2019 kami targetkan laba kami mencapai Rp 28 miliar,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, saat ini pihaknya juga terus berupaya untuk membangun jaringan di 11 kecamatan. Namun begitu, ia mengakui ada dua kecamatan yang belum maksimal jaringannya yakni Cinere dan Limo dikarenakan kondisi air tanah di wilayah tersebut masih dalam kategori bagus.

“Cinere-Limo itu air tanahnya masih bagus, kami juga telah melakukan survey dan hasil dari RDS kami hanya 23 persen masyarakat yang mau menjadi pelanggan PDAM, karena air tanahnya masih bagus di sana,” katanya.

Sebelumnya Direktur Umum PDAM Tirta Asasta Kota Depok, Ee Sulaiman mengungkapkan pemasagan jaringan di wilayah Depok bagian barat untuk memenuhi kebutuhan air bersih di pemukiman warga. Dengan sisa kapasitas 80 liter per detik, phaknya meyakini akan mampu mengcover 5.000-6.000 pelanggan di wilayah tersebut.

Dikatakannya, PDAM telah menginventarisir data pelanggan untuk di wilayah Bojongsari yang mencapai kurang lebih 1.500 pelanggan.

Lebih lanjut ia mengatakan, selaian menyasar pemukiman warga, pengembangan jaringan di wilayah Bojongsari juga untuk memenuhi air bersih ke perumahan-perumahan di wilayah itu.

Dirinya berharap, dengan adanya pengembangan jaringan itu respon masyarakat akan positif dan berminat untuk memasang instalasi air PDAM ke rumah mereka.

“Jika ada yang berminat segera langsung mendaftarkan diri untuk berlangganan. Saat ini kami bangun jaringan utamanya terlebih dahulu dan sudah ada beberapa perumahan yang telah kami hubungkan ke jaringan itu,” terangnya.

Dijelaskannya, PDAM memiliki target pelanggan di wilayah Bojongsari hingga beberapa tahun ke depan mencapai 5.000-6.000 pelanggan.

“Jelas, harus didukung dengan infrastruktur yang memadai. Selain itu juga harus didukung dengan komitmen yang kuat dari semua pihak. Pemerintah kota komitmen dan support nya sudah cukup tinggi, namun kami juga butuh komitmen dari OPD yang ada terkait penggunaan air tanah,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here