Musrenbang, Bojongsari Prioritaskan UMKM

0
121
Walikta Depok saat memberikan sambutan dalam acara Musrenbang di Kecamatan Bojongsari

Laporan: Rahmat Tarmuji
Kecamatan Bojongsari pada gelaran musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tahun 2019 ini lebih memprioritaskan kegiatan non fisik berupa pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Karena di wilayah kami saat ini geliat UMKM mulai terasa, bahkan jumlahnya mencapai ratusan,” ujar H Usman Haliyana, Camat Bojongsari kepada Jurnal Depok, kemarin.

Ia mengatakan, UMKM yang tergabung dalam Bojongsari Maju Bersama (Bosama) saat ini telah berhasil memproduksi makanan olahan seperti Bakso Petir hingga Rendang Mak Cik yang telah dibooking oleh salah satu maskapai penerbangan milik BUMN.



“Dari itu kami rasa pemberdayaan ekonomi masyarakat terutama pelaku UMKM harus terus digenjot. Selain makanan olahan ada juga pelaku UMKM yang bergerak dibidang kerajinan tangan,” paparnya.

Sebagai daerah yang berbatasan dengan Kota Tanggerang Selatan dan Kabupaten Bogor, Bojongsari juga terkenal dengan produksi tanaman dan ikan hias. Tak heran, saat ini mereka yang tergabung dalam kelompok tani jumlahnya pun semakin banyak.

Meski tidak menapikan usulan dalam Musrenbang masih didominasi oleh kegiatan infrastruktur, namun Usman juga akan memprioritaskan kegiatan non fisik, terlebih kepada pemberdayaan UMKM dan kelompok tani.

“Yang prioritas kemarin mencapai lebih dari Rp 20 miliar, sementara non prioritas usulannya mencapai lebih dari Rp 70 miliar. Target PBB di wilayah kami mencapai Rp 10 miliar lebih, Alhamdulillah tahun lalu melampaui 100 persen,” katanya.

Dengan target PBB yang hanya Rp 10 miliar lebih, Usman merasa bersyukur realisai pembangunan pada anggaran 2018 lalu mencapai puluhan miliar.

“Dari itu kami mengimbau kepada masrakat agar tidak melupakan kewajibannya untuk membayar PBB, karena dari bayar PBB uangnya dikembalikan lagi ke masayarakat dalam bentuk pembangunan,” pungkasnya. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here