KPU Berharap Peran Pemkot Maksimal Dalam Pemilu 2019

0
78
Ketua KPU saat menghadiri rapat koordinasi dengan Pemerintah Kota Depok

Margonda | jurnaldepok.id
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok menghadiri rapat koordinasi rutin pimpinan OPD, camat dan lurah se-Kota Depok di Ruang Edelweiss lantai 5 Gedung Balaikota Depok.

Wakil Walikota, Pradi Supriatna turut hadir dalam kegiatan itu sekaligus sengaja mengundang KPU dan Bawaslu Kota Depok guna membahas kesiapan KPU Kota Depok dalam penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2019.

“Kami berterima kasih kepada Pemerintah Kota Depok melalui Kepala Kantor Kesbangpol yang telah berinisiasi untuk menghadirkan kami dalam kegiatan rakor rutin kali ini. Bahwa semua pihak dan seluruh stakeholder termasuk Pemerintah Kota Depok harus mengoptimalkan semua perangkatnya untuk melakukan sosialisasi secara massif kepada masyarakat terkait dengan pemilu 17 April 2019 yang hanya tinggal 75 hari lagi kedepan,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Depok, Senin (11/1).



Ia menambahkan, KPU Kota Depok untuk pemilu 2019 ini menargetkan tingkat partisipasi 80 persen. Nana menyadari bahwa hal ini akan sangat membutuhkan kerja keras dan maksimal.

“Tapi kami yakin dan optimis target tersebut dapat tercapai. Tentu kami tidak bisa mewujudkan itu semua tanpa dukungan dan bantuan seluruh stakeholder yang ada di kota ini,” paparnya.

Selain menyampaikan terkait target tingkat partisipasi, dalam rakor tersebut pihaknya juga menyampaikan bahwa target KPU Kota Depok dalam pelaksanakan pemilu 2019 ini adalah tidak ada komplain, tidak ada sengketa dan tidak ada pemungutan suara ulang.

“Kami optimis dan mengajak kepada seluruh pimpinan OPD, Camat dan Lurah untuk optimis pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Dirinya berharap, para pimpinan OPD, camat dan lurah dapat membantu untuk dapat mempersiapkan segala fasilitas yang dibutuhkan dalam suksesi pemilu ini, misalnya terkait dengan lokasi kegiatan rekapitulasi penghitungan hasil suara nanti di tingkat PPK.

Karena, kata dia, sebagaimana diketahui hampir semua kecamatan tidak akan mampu menampung seluruh kotak suara dalam kecamatan, mengingat kantor kecamatan tidak akan memadai, karenanya perlu dicarikan jalan keluar secara bersama untuk mengatasi hal tersebut.

“Kami juga meminta jajaran PPK/PPS untuk selalu berkomunikasi dan berkoordinasi yang baik kepada para camat dan lurah untuk mengatasi problematikan kepemiluan di wilayah masing-masing, serta mengantisipasi potensi kerawanan dalam pelaksanaan pemilu,” ungkapnya.

Untuk mengatasi segala hal, lanjutnya, pihaknya mengharapkan dukungan penuh Pemerintah Kota Depok dan semua stakeholder untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan pemilu mendatang. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here