Pemkot Depok Siap Fasilitasi Kopetensi Wartawan

Walikota Depok, Mohammad Idris saat memberikan bingkisan kepada wartawan senior yang bertugas di wilayah Depok

Pancoran Mas | jurnaldepok.id
Pemerintah Kota Depok menyatakan kesiapannya untuk memfasilitasi meningkatkan kapasitas dan kapabilitas seorang wartawan dalam mengikuti uji kopetensi. Hal itu dikatakan langsung Walikota Depok, Mohammad Idris saat menghadiri acara syukuran Hari Pers Nasional 2019 di Sekretariat PWI Kota Depok.

“Siap, kalau ini memang bermaslahat untuk pemerintah kota dan masyarakat. Saat ini masyarakat sudah jenuh dengan pemberitaan hoax dan segala macam. Untuk mencerdaskan mereka dibutuhkan teman-teman jurnalis,” ujar Idris kepada wartawan, kemarin.

Ia mengatakan, pihaknya siap untuk memfasilitasi kopetensi wartawan yang bertugas di wilayah Depok.

Dalam kesempatan itu Idris juga menyampaikan, jika ingin menguatkan ekonomi kerakyatan bebasis digital harus diperhatikan tiga hal yakni terkait kode etik jurnalistik, peningkatan kopetensi.

“Kopetensi ini ada mekanisme atau system yang sudah dibangun oleh dunia pers sebagaimana kita bisa meningkatkan kopetensi,” paparnya.

Selanjutnya, sambungnya, wawasan juga menjadi penting dimiliki seorang jurnalis. Dirinya berharap seorang jurnalis tidak terlena dengan menginformasikan berita yang ada. Namun, hal itu harus dibarengi dengan peningkatan wawasan seperti tatanegara, pemerintahan dan masalah lingkungan hidup.

“Dengan begitu In Sya Allah semua dapat terwujud, karena ekonomi kerakyatan membutuhkan wawasan yang cukup,” terangnya.

Ketua PWI Kota Depok, Tardip Panggabean menyampaikan terimakasihnya kepada Pemerintah Kota Depok yang telah mensupport acara HPN tahun 2019.

“Terimakasih kepada Pemkot Depok, Forkopimda dan semua pihak yang telah mensupport acara kami. Mudah-mudahan sinergitas dapat terus terjaga dengan baik,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu PWI Kota Depok dan Dompet Dhuafa juga memberikan bingkisan kepada mantan ketua PWI dan wartawan senior yang bertugas di wilayah Kota Depok.

Tak hanya itu, bertepatan dengan HPN tahun 2019 juga dilakukan penandatanganan prasasti oleh walikota atas telah rampungnya renovasi Sekretariat PWI Kota Depok.

Hadir dalam kesempatan itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Ketua KPU, Forkopimda, Kepala OPD, anggota dan pengurus PWI serta insan pers yang bertugas di wilayah Depok. n Rahmat Tarmuji

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here