Walikota Ajak Warga Perangi DBD

0
33
Walikota Depok, Momad Idris saat menyapa warga di wilayah Kematan Limo

Limo | jurnadepok.id
Walikota Depok, Mohammad Idris meminta kepada seluruh elemen masyarakat agar pro aktif melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dilingkungan masing masing guna meminimalisir merebaknya wabah Demam Berdarah Dengue (DBD).

Demikian disampaikan Idris saat menghadiri pengukuhan pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Krukut Kecamatan Limo kemarin.

“Upaya pemberantasan wabah penyakit yang berbasis lingkungan termasuk wabah DBD bukan sepenuhnya tanggungjawab Pemerintah atau Dinas Kesehatan saja, namun merupakan tanggung jawab kita semua. Untuk itu saya mengajak kepada semua warga Depok agar pro aktif melaksanakan aksi bersih dan PSN dilingkungan masing masing untuk meminimalisir berkembangnya jentik nyamuk DBD, ” papar Idris dihadapan ratusan warga Kelurahan Krukut Kecamatan Limo.



Dikatakannya, pada dua pekan sebelumnya wabah DBD memang sempat marak disejumah wilayah Kelurahan di Kota Depok, namun lanjut dia berkat kesigapan para stakeholder dan petugas kesehatan, perkembangan wabah dapat ditekan sehingga sekarang ini wabah penyakit mematikan itu sudah dapat diatasi disemua wilayah.

Hal senada dikatakan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Limo, dr Elin Herliana.
Dikatakan Elin, meskipun wabah DBD sempat menjadi momok dikalangan masyarakat, namun kata dia untuk wilayah Kecamatan Limo, jumlah penderta DBD tidak terlalu banyak namun meski begitu dirinya bersama jajaran terus meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dengan melakukan Fogging disejumlah titik wilayah serta sosialisasi pemberantasan wabah DBD.

“Sebenarnya pengasapan atau fogging itu hanya mematikan nyamuk dewasa tapi tidak dapat membunuh jentik dan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan penerapan pola hidup bersih dan sehat (PHBS) jauh lebih epektik dalam upaya menekan pertumbuhan jentik nyamuk DBD oleh sebab itu selain melaksanakan tindakan Fogging kami juga meningkatkan kegiatan sosialisasi PSN dan PHBS kepada masyarakat khususnya diwilayah Kecamatan Limo, ” pungkas Elin. n Asti Ediawan

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here