Hasbullah Realisasikan Bantuan 324 RTLH

0
102
Hasbullah Rahmad

Cilodong | jurnaldepok.id
Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat, Hasbullah Rahmad bersama Pemerintah Provinsi Jawa Barat merealisasikan bantuan utuk rehabilitasi 324 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kota Depok.

“Kami melihat RTLH di Depok ini jumlahnya masih sangat banyak, dari itu kami dorong untuk direhabilitasi. Alhamdulillah berkat perjuangan kami, rehabilitasi RTLH dapat terwujud di 2018 kemarin,” ujar Hasbullah kepada Jurnal Depok, Selasa (5/2).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, untuk satu unit RTLH digelontori bantuan sebesar Rp 15 juta. Dimana bantuan itu diberikan dalam bentuk material, ongkos tukang dan pelaporan melalui BKM.



“Total bantuan keseluruhan kurang lebih Rp 4,8 miliar. Bantuan tersebar di wilayah Depok. Tentu kami akan terus mendorong Pemprov Jabar untuk mengalokasikan pembangunan infrastruktur khususnya RTLH di Kota Depok,” papar caleg PAN nomor urut 1 Dapil Depok-Bekasi.

Sebelumnya Pemerintah Kota Depok berencana akan menaikkan dana bantuan rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 18 juta menjadi Rp 25 juta pada tahun 2020 mendatang.

“Ini masih dalam kajian dari Rp 18 juta menjadi Rp 25 juta karena memang bahan pokok bangunan mengalami kenaikkan. Kalau potongan Rp 2 juta itu utuk admistrasi, proses kelengkapan sampai nanti ada NPHD, itu ada dan dijelaskan dalam Perwal,” ujar Mohammad Idris, Walikota Depok beberapa waktu lalu.

Ia menambahkan, teknis belanja lansung dahulu memang dipisah Rp 2 juta untuk operasional, dari itu dalam NPHD Rp 18 juta untuk penerima. Pasalnya, kata dia, yang tanda tangan merupakan si penerima atas nama camat dan lurah .

“Kalau nanti ada biaya operasional Rp 2 juta, maka yang diterima Rp 23 juta, atau Rp 25 juta yang diterima langsung oleh penerima hibah, kami tidak tahu,” paparnya.

Namun begitu, Idris telah wanti-wanti kepada bawahannya terkait rencana kenaikkan dana bantuah RTLH. n Rahmat Tarmuji

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here