UMKM Depok Berusaha ‘Naik Kelas’

Inilah Finalis Jawara UMKM BJB 2018

Laporan: Rahmat Tarmuji
Sepanjang tahun 2018 Bank BJB menyeleksi para pelaku UMKM yang ingin memulai bisnis dan “naik kelas” untuk ekspansi usahanya di sembilan wilayah termasuk kawasan Depok Raya.

Beberapa pelaku usaha asal Kota Depok yang berhasil masuk Final Jawara UMKM BJB 2018 diantaranya adalah Rina (CV Putra Sikumbang Sejahtera) dengan usaha Logam Jaya Tehnik, Elvrina Hutapea dengan usaha Apotek Al Barokah Raden Saleh, Surya Nila Astuti Hamid (Kreasi Neela Utama) dengan brand LaBodine dan Pristyani (Bassamah food) dengan brand Oteha.

Selanjutnya Sri Wulandari (CV kreasi Cahaya Mandiri) dengan brand Cahaya souvenir, Apriliana Budi dengan brand Isabela steak, Lusi Enanda dengan brand Kebuli Abah, Ahmad Dhani dengan brand Dimsum Haji Dhani dan Suwondo (PT Resik) dengan usaha kemasan (packaging).

Namun sayang, pengusaha UMKM dari Kota Depok belum ada yang bisa menjadi juara pada ajang yang digelar 27-28 Desember 2018 di Ciumbeuleuit, Kota Bandung Jawa Barat.

“Tapi para pengusaha dari Kota Depok sebenarnya memiliki potensi menjadi Jawara. Jenis bisnisnya variatif dan kreatif, hanya mereka belum fokus dan optimal mengembangkannya,” kata Kintoko salah satu panitia Jawara UMKM 2018, Minggu (30/12).

Pada ajang yang dihelat hasil kerjasama Bank BJB dan Genpro yang diikuti oleh 900 orang pelaku usaha UMKM se-Jawa barat dan Banten ini terpilih tiga orang pemenang.

Pemenang pertama diraih Misbakhul Huda dengan usaha tusuk sate berskala lokal dan ekspor asal Kabupaten Bogor. Pemenang kedua diraih Irma Karimah dengan usaha bebek Urwah asal Kota Tangerang dan pememang ketiga diraih Eka Ahmad Fauzi dengan usaha dibidang properti asal Kota Cimahi.

“Program ini berlangsung sejak awal tahun 2018. Dari total 900 peserta yang ikut lalu diseleksi dengan seksama masing-masing 11 besar di tiap seri-nya, untuk kemudian difinalkan dan diambil 58 besar,” paparnya.

Di tiap serinya, lanjutnya, panitia melakukan seleksi mendalam hingga diagnosa bisnis para peserta. Jenis usaha yang dijalankan para peserta pun beragam, mulai dari usaha laundry, catering, percetakan, butik muslimah hingga bengkel, dengan lama usaha mulai dari satu tahun.

Para peserta di 58 besar lalu diberikan materi tentang pemahaman bisnis berupa Bisnis Roadmap, Fundamental Bisnis, Business Plan Mastery dan Investor Marketing (Bankable).

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan potensi para wirausaha untuk naik kelas dalam usahanya dengan pembinaan langsung yang intensif tentang materi dasar wirausaha dan materi dasar berkaitan dengan mindset bisnis para peserta. Selama perjalanan menuju final peserta mendapatkan mentoring bisnis dari para pakar untuk menginkubasi bisnisnya dan memetakan potensi untuk peningkatan usahanya,” tandas M. As’adi Budiman, Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB.

Rangkaian Jawara UMKM 2018 adalah sebagai berikut. Seri pertama diikuti oleh 100 peserta dimulai di Hotel Prime Park Kota Bandung yang melingkupi wilayah Bandung Raya dan Subang (Kota dan Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab Sumedang, dan Kab Subang) pada awal tahun Januari 2018.

Seri kedua digelar di area Cirebon Raya meliputi wilayah Kota dan Kab Cirebon, Kab Majalengka, Kab. Indramayu, dan Kab. Kuningan diikuti 100 peserta diselenggarakan di Hotel Prima Cirebon tanggal 24-25 Januari 2018.

“Seri ketiga area Depok Raya meliputi wilayah Depok Raya dan DKI Jakarta di ikuti 100 peserta diselenggarakan di Hotel Santika Depok tanggal 14-15 Februari 2018,” katanya.

Seri ke-empat area Tasik Raya meliputi wilayah Tasikmalaya, Pangadaran, Ciamis, Banjar, Garut di ikuti 100 peserta di selenggarakan di Hotel Harmoni tanggal 28-01 Maret 2018.

Seri kelima area Tangerang Raya meliputi wilayah Tangerang Raya, Tangerang Selatan, Kota dan Kabupaten Tangerang diselenggarakan pada tanggal 21-22 Maret 2018 diikuti 100 peserta di hotel ARA Serpong.

Seri ke-enam area Sukabumi Raya meliputi Sukabumi, Cianjur, Kota Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Cianjur diselenggarakan pada tanggal 4-5 April 2018 diikuti 100 peserta di hotel Maxone Sukabumi.

Seri ketujuh area Karawang Raya meliputi Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten Purwakarta diselenggarakan pada tanggal 18-19 April 2018 diikuti oleh 100 peserta di hotel Citra Grand Karawang.

Seri kedelapan area Serang Raya meliputi Kota Serang, Kabupaten Serang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang diselenggarakan pada tanggal 2-3 Mei 2018 diikuti oleh 100 peserta di hotel Le Semar Serang.

“Seri kesembilan area Bogor Raya meliputi Kota Bogor dan Kabupaten Bogor diselenggarakan 9-10 Mei 2018 di hotel Permata diikuti 100 peserta,” pungkasnya. n

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here