Bale Community Gandeng Masyarakat Bersihkan Kali Baru

0
67
Anggota BC bersama mayarakat saat menggelar gotong royong membersihkan Kali Baru

Laporan: Rahmat Tarmuji
Sebagai rasa cinta dan bentuk perhatian terhadap keberadaan Kali Baru atau Kali Caringin 1, warga di lingkungan RW 01, 02 dan RW 11 Kelurahan Sawangan, Kecamatan Sawangan, menggelar kerja bakti membersihkan kali tersebut.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Sawangan, Indra Jaya Bogem mengatakan, aksi kerja bakti tersebut dilakukan lantaran masyarakat prihatin dengan kondisi kali saat ini.

“Dahulu air kali ini sangat bening dan mengalir deras, namun sejak lebih dari lima tahun belakangan kali ini kondisinya memprihatinkan. Di mana air kali sangat minim dan mengalami pendangkalan yang cukup serius,” ujar Bogem kepada Jurnal Depok, kemarin.



Ia menambahkan, sejak itu pula kali tidak berfungsi maksimal. Atas dasar itulah, ia bersama warga dan komunitas yang tergabung dalam Bale Community (BC) menggelar aksi gotong royong membersihkan kali dari tumpukkan sampah dan pendangkalan.

“Alhamdulillah, kami bersyukur kepedulian masyarakat untuk merawat kali ini masih cukup tinggi. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada BC yang telah terjun langsung dalam aksi ini,” paparnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, Kali Caringin 1 telah mendapatkan bantuan penurapan dan normalisasi dari Pemerintah Kota Depok. Dinas PUPR Kota Depok juga telah menurunkan alat berat untuk melakukan pengerukan kali yang mengalami pendangkalan.

“Saat ini baru sampai di Makam Gede, kami berharap alat berat bisa terus melakukan normalisasi sampai kondisi kali benar-benar normal kembali,” katanya.

Kali Caringin 1 merupakan kali terusan dari wilayah Pengasinan yang airnya sebelumnya mengalir sampai wilayah Kelurahan Cinangka. Namun saat ini air kali tidak lagi mengalir ke wilayah tersebut karena bidang kali di hilir lebih tinggi ketimbang di hulu.

Penasehat BC Sawangan, Abdul Mutholib mengungkapkan, keberadaan Kali Baru sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar terutama para petani yang ada di sepanjang kali tersebut.

“Kali Baru ini juga menjadi sumber resapan air pada saat musim penghujan, petani sangat bergantung dengan Kali Baru ini. Mudah-mudahan kondisi kali setelah dilakukan pengerukan dapat normal kembali,” ungkapnya.

Tak hanya itu, ia juga mengimbau dan mangajak kepada masyarakat yang bermukim di pinggir kali agar senantiasa dapat menjaga kebersihan kali dengan tidak membuang sampah ke kali. n

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here