Kemenag Siap Cetak Kartu Nikah

0
70
H Asnawi

Cipayung | jurnaldepok.id
Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Depok, H Asnawai mengatakan kesiapannya untuk mencetak kartu nikah jika sudah ada instruksi dari pemerintah pusat.

“Nah progresnya untuk di Kota Depok kami tinggal menunggu saja, peralatannya dan cetaknya dalam hal ini printer dan sebagainya sudah ada, itu kan bukan model e-KTP harus difoto segala macam tidak seperti itu, hanya datanya itu memang sudah terkoneksi, orang menikah tinggal ngecek sudah ada daftarnya apa belum,” ujar Asnawi kepada Jurnal Depok, beberapa hari lalu.

Ia menambahkan, ketika ada seseorang yang sudah menikah kemudian mendaftar lagi, hal itu dapat terlihat.



“Ya dicek dulu sudah ada namanya atau belum, kan enggak bisa sembarangan kecuali kalau ada surat cerai,” paparnya.

Ditegaskannya, bahwa Kemenag Depok telah siap untuk menjalakan program tersebut.

“Sudah siap, data terkoneksi. Nanti juga bisa dilakukan di setiap KUA di masing-masing kecamatan,” terangnya.

Lebih laut ia mengatakan, sebelumnya ramai diperbincangkan jika kartu nikah akan mulai diberlakukan November, ada juga yang mengatakan akhir November dan Desember.

“Ya kalau kami pada pada dasarnya hanya menunggu instruksi saja, ya kan seperti itu belum ada pelatihan juga belum ada, tapi peralatannya sudah ada, operatornya kami sudah siapkan,” ungkapnya.

Dia juga menegaskan bahwa kartu nikah itu bukan untuk menghapus buku nikah.

“Buku nikah tetap berlaku, memang ada perbedaan antara kartu nikah dengan buku nikah secara fisik. Kartu nikah itu identitas yang lebih simpel yang bisa dibawa ke mana saja,” pungkasnya n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here