Lestarikan Budaya Bangsa, Kampung Dongeng Diresmikan

0
28
Hj Elly Farida (kerudung pink) foto bersama usai meresmikan Kampung Dongeng

Bojongsari | jurnaldepok.id
Ketua Tim Penggerak PKK yang juga Bunda PAUD, Hj Elly Farida meresmikan Kampung Dongeng di Kecamatan Bojongsari.

Bunda Elly mengatakan melalui dongeng, dapat menjadi upaya preventif dalam menumbuhkan edukasi bagi anak-anak sehingga dapat terwujudnya Kota Layak Anak di Depok.

“Kami bersyukur adanya pendirian Kampung Dongeng di Kecamatan Bojongsari ini,” ujarnya.



Dirinya menjelaskan kegiatan mendongeng ini juga merupakan upaya untuk melestarikan budaya bangsa, karena cerita dalam dongeng banyak mengambil cerita rakyat dan juga legenda Indonesia.

“Saya rencanakan agar Depok memiliki Duta Bercerita. Mereka bisa menjadi duta melalui program PKK, PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja), Karang Taruna atau PAUD,” ungkapnya.

Bunda Elly juga mengingatkan kepada generasi muda untuk turut melestarikan budaya daerah melalui dongeng.

Menurutnya hal tersebut perlu dilakukan agar teknologi tidak merusak manfaat positif dari kegiatan dongeng, peran anak muda dalam pelestariannya juga diperlukan.

“Keterlibatan anak muda dalam suatu wilayah, khususnya seperti PIK-R atau Karang Taruna bisa kita berdayakan untuk menjadi Duta Bercerita,” ucapnya.

Dirinya mengakui, dongeng memiliki dampak positif, khususnya bagi anak-anak, karena ampuh dalam mengasah perkembangan mental dan imajinasi anak-anak.

Tidak hanya itu, manfaat yang didapat juga bisa menjalin kedekatan dengan pendongeng, sehingga anak bisa melakukan interaksi dan berani untuk bertanya.

“Mendengarkan sebuah cerita bisa menstimulasi daya imajinasi dan berpikir, agar si anak tumbuh menjadi anak yang kreatif. Untuk itu, dongeng perlu dilestarikan, kalau perlu remaja juga harus bisa melakukan dongeng,” terangnya.

Seiring perkembangan teknologi, kegiatan mendongeng saat ini nyaris terlupakan. Padahal, banyak manfaat yang bisa didapatkan anak-anak saat mendengarkan dongeng yang dibacakan oleh orang tuanya.

Salah satu pendongeng Sakti Okihanto mempunyai cara agar ceramah agama yang disampaikan di depan anak-anak bisa dipahami.

Caranya adalah dengan membawakan cerita Nabi Muhammad SAW dengan mendongeng. Saat itu di hadapan siswa siswi SDN Bakti Jaya 1 ketika peringatan Maulid Nabi, Oki atau yang akrab disapa Mr Pred membawa serta bonekanya. Selanjutnya dihadapan anak-anak, dirinya menceritakan kisah nabi. Mendengar cerita Mr Pred mereka terlihat antusias, ceria dan semangat. Bahkan anak- anak lebih memahami dan mengerti isi ceramah.n CR-JD1

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here