Pelaku Usaha Dukung Program Germas

0
95
Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok bersama pelaku usaha foto bersama usai mengikuti workshop

Laporan: Rahmat Tarmuji
Puluhan pelaku usaha di Depok menandatangani nota kesepahaman untuk melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Dengan dilaksanakannya Germas diharapkan tingkat kesehatan masyarakat meningkat dan lebih produktif.

“Gerakan ini perlu dukungan banyak pihak. Tidak hanya bisa mengandalkan pemerintah saja tapi perlu dukungan swasta juga,” ujar Novarita, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, kemarin.



Menurutnya sangat penting bagi pekerja untuk meningkatkan kualitas kesehatan. Dengan meningkatnya kesehatan pekerja maka mereka tidak mudah sakit dan produktivitas bertambah.

“Kalau masyarakat sudah sehat, pekerja sehat bisa berdampak pada kualitas hidup. Mereka jadi tidak mudah sakit,” ungkapnya.

Ditargetkan makin banyak pelaku usaha yang mendukung program ini makin banyak pula masyarakat yang menerapkan pola Germas.

“Jadi bekerja di semua lini. Kami perlu kerjasama banyak pihak untuk menyukseskan program ini. Target kami tentu sebanyak-banyaknya yang bisa ikut mendukung,” paparnya.

Germas ini, kata dia, bisa dimulai dari hal kecil. Misalnya berjalan kaki 5.000 langkah sehari. Melakukan banyak gerakan dan tidak monoton diam dalam satu posisi sama dalam waktu lama.

“Selain itu juga cuci tangan yang baik menjadi penting. Karena penyakit bisa menyebar ketika tangan dalam kondisi kotor,” katanya.

Dengan Germas maka segala penyakit bisa dihindari. Karena imunitas yang bagus bisa mencegah berkembangnya virus dan bakteri.

Hal itu dikatakan Nova seusai acara Workshop Penguatan Implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Di Kota Depok. Acara yang digelar di RSIA Bunda Aliyah dihadiri puluhan pelaku usaha dan stakeholder terkait.

Salah satu pembicara dari Direktorat Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, Sakri Sab’atmaja berharap kolaborasi dunia usaha yang solid dan berkesinambungan sebagai bentuk dukungan terhadap prilaku hidup sehat.

“Komunikasi dan peran aktif petugas secara multi sektoral optimalisasi pelayanan masyarakat dan diseminasi pencapaian yang telah dilakukan oleh daerah terkait kolaborasi multi sektor dan dunia usaha terhadap prilaku hidup sehat,” pungkasnya. n

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here