PKL Depan Stasiun Citayam Masih Bandel

0
18
Petugas Satpol PP saar menertibkan PKL di depan Stasiun Citayam

Cipayung | jurnaldepok.id
Anggota Satpol PP Kota Depok kembali menertibkan Pedagang Kaki Lima yang berjualan di sepanjang depan Stasiun Citayam.

Plt Kepala Satpol PP Depok, Yayan Arianto mengatakan setelah sempat ditertibkan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Depok, Rabu (14/11) lalu, sejumlah PKL yang berjualan di depan Stasiun KA Citayam di atas pedestrian di Jalan Raya Citayam, mulai mencoba kembali berjualan di sana, dalam beberapa terakhir ini.

Karenanya Satpol PP Depok kembali melakukan penertiban dengan menghalau para PKL yang mencoba berjualan lagi di depan Stasiun Citayam.



“Para PKL yang dihalau anggota kami tampak membuka lapak dengan membawa gerobak mereka serta memasang tenda terpal yang membawa sejumlah barang dan material untuk berjualan,” ujarnya, Selasa (27/11).

Beberapa PKL menggunakan mobil bak terbuka untuk menjajakan dagangannya juga ditertibkan. Meski lapak yang digelar tidak sebesar sebelumnya dan barang yang dibawa tidak sebanyak sebelum ditertibkan, warga mengaku cukup resah dengan mulai kembalinya beberapa PKL di sana.

Sebab keberadaan mereka dipastikan akan diikuti PKL lainnya hingga semakin banyak dan akhirnya dapat membuat Jalan Citayam di depan Stasiun KA Citayam kembali menjadi pemicu kemacetan parah di kawasan itu.

Penertiban ini katanya adalah bagian dari monitoring dan pengawasan yang dilakukan pihaknya pasca penertiban PKL minggu lalu.

“Ke depan akan kami monitoring terus kondisi di depan dan sekitar Stasiun KA Citayam, agar steril dari PKL. Karena keberadaan PKL di sana menjadi salah satu pemicu kemacetan di wilayah itu,” katanya.

Karena keberadaan PKL di sana yang menutup sebagian badan jalan, juga menjadi salah satu faktor pemicu kemacetan di Jalan Citayam.

Sebelumnya sudah disepakati bersama oleh Pemkot Depok dan PT KAI bahwa pintu keluar Stasiun KA Citayam akan diubah menjadi di sebelah utara. Sehingga penumpang kereta dari stasiun yang akan naik angkot, tidak langsung keluar ke jalan seperti kondisi sekarang ini yang mengakibatkan penumpukan penumpng di Jalan Citayam dan macet.

Dengan itu semua, kata Yayan, diharapkan kemacetan di Jalan Citayam dapat diminimalisir.

Menurut Yayan sebelum pihaknya menertibkan belasan PKL di sana, pihaknya sudah melayangkan beberapa kali surat peringatan hingga surat perintah bongkar ke para PKL.
Karena tak juga diindahkan, pihaknya akhirnya melakukan penertiban para PKL
“Dari ke 15 PKL yang kami tertibkan beberapa akhirnya membongkar sendiri lapak mereka. Beberapa lainnya kami bantu untuk membongkarnya,” tukasnya.

Menurut Yayan keberadaan lapak PKL yang seluruhnya menggunakan tenda dan terpal dengan meja dan bangku kayu di sana, merupakan salah satu pemicu utama kemacetan di depan Stasiun KA Citayam.

Karenanya keberadaan para PKL dianggap melanggar Perda Kota Depok Nomor 16 Tahun 2012, tentang Pembinaan dan Pengawasan Ketertiban Umum (Tibum). Diharapkan dengan sudah tidak adanya lapak PKL di sana, maka kemacetan di depan Stasiun KA Citayam bisa dikurangi. n CR1-JD

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here