KPU Sosialisasi Pemilu Di CFD

0
38
Komisioner KPU dan staf foto bersama usai sosialisasi di kegiatan CFD

Laporan: Rahmat Tarmuji
Ada hal yang menarik pada saat warga melintas di area Car Free Day (CFD) sekitar GDC Minggu pagi beberapa hari lalu. Disana terpasang dua tenda orange milik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok yang sedang melakukan kegiatan sosialisasi pemilu.

Kegiatan sosialisasi itu bertujuan untuk memberikan informasi, wawasan dan pemahaman kepada pemilih warga masyarakat yang melintasi area CFD akan pentingnya memberikan hak suaranya pada pemilu 2019 yang akan datang.

“Kota Depok termasuk salah satu daerah yang akan melaksanakan pemilu serentak tahun 2019, yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kota yang akan dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 17 April 2019 atau 143 hari lagi kedepan,” ujar Nana Shobarna, Ketua KPU Kota Depok, kemarin.



Ia menambahkan, KPU Kota Depok harus terus gencar melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat luas, terkait dengan pelaksanaan pemilu tersebut dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan melibatkan diri di tengah masyarakat di area car free day.

Dikatakannya semua pihak pening terlibat aktif untuk melakukan sosialisasi secara massif terkait pemilu lima kotak suara yang akan dihadapi.

“Dalam kegiatan sosialisasi di area car free day ini, masyarakat secara langsung dapat menanyakan informasi yang berkaitan dengan pemilu. Misalnya apakah dirinya sudah terdaftar atau belum, maka akan langsung dicek oleh petugas. Misalnya juga pada saat dijelaskan warna-warna yang akan ada di surat suara dan kotak suara, mereka langsung memahami,” paparnya.

Dalam kegiatan sosialisasi di CFD itu masyarakat juga diberikan informasi dan wawasan tentang partai politik secara langsung maupun melalui leaflet atau brosur yang telah disiapkan.

“Antusiasme masyarakat sangat terlihat, banyak diantara mereka yang menyimak penyampaian petugas agar mereka menghindari diri jauh-jauh dari politik uang, karena konsekuensinya adalah pidana,” terangnya.

Selain itu, KPU Kota Depok menyediakan souvenir langsung yang dapat dibawa pulang oleh masyarakat. Kegiatan itu ditutup dengan foto bersama dan hiburan musik yang disediakan. n


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here