Jurnalis 4X4 Gandeng Fastron di Keseruan Kiprah Satu Dasawarsanya

0
87
Komunitas Jurnalis 4×4 saat menggelar Fastron Weekend Drive Jurnalis 4×4 2008-2018 di Desa Pelangi Sentul (Depes)

Sentul | jurnaldepok.id
Komunitas Jurnalis 4×4 menggelar Fastron Weekend Drive Jurnalis 4×4 2008-2018 di Desa Pelangi Sentul (Depes), Bogor, 24-25 November 2018. Berbeda seperti biasanya, gelaran kali ini terbilang istimewa karena sekaligus menyambut satu dasawarsa kiprah jurnalis pencinta kendaraan four wheel drive (4WD), Jurnalis 4×4.

Peserta mengawali aktivitasnya pada, Sabtu (24/11) pagi dengan mengunjungi pabrik Pertamina Lubricants di Jalan Raya Jampea, Koja, Jakarta Utara. Kemudian siang harinya menuju Desa Pelangi Sentul yang berada di kawasan Sentul, Bogor.

Di Desa Pelangi, peserta bisa menikmati berbagai fasilitas seperti kolam renang, restoran, villa, camping ground, hingga trek offroad. Menariknya, panitia menyiapkan sesi teori offroad dan safety driving, hingga menjajal langsung di trek offroad.



Selain itu, di event dasawarsa Jurnalis 4×4 juga digelar pemaparan tentang produk Pertamina Fastron. Menariknya, event ini juga menggelar api unggun, kambing guling, dan hiburan.

Sedangkan pada, Ahad (25/12), mulai pukul 09.00 pagi digelar pelatihan jurnalistik yang meliputi fotografi, videografi, serta penulisan berita.

Ketua Umum Jurnalis 4×4, Firman Wibowo mengatakan, selain sebagai ajang silaturahmi, event ini juga bertujuan menambah pengetahuan terkait kendaraan dan produk terkait yang digunakan.

“Kali ini kita awali dengan mengunjungi pabrik PT Pertamina Lubricants yang memproduksi pelumas Fastron. Kita melihat lebih dekat bagaimana produk pelumas terbaik Pertamina dibuat,” ujar pria yang biasa disapa Bowi ini.

Kunjungan ke pabrik pelumas Fastron merupakan kunjungan pertama kalinya bagi komunitas Jurnalis 4×4 sekaligus event keempat Fastron Weekend Drive. Melalui kunjungan ini, diharapkan mampu memberi manfaat pengetahuan secara langsung proses produksi dan pembuatan pelumas Pertamina yang sudah berkelas dunia.

“Selain itu, kunjungan ini juga menjadi program dari Pertamina Lubricants untuk menyatukan berbagai komunitas roda empat dan mempererat tali silaturahmi, serta saling berbagi pengalaman dalam sebuah kegiatan positif,” paparnya.

Fastron merupakan salah satu produk pelumas terbaik berkualitas dunia yang diproduksi PT Pertamina Lubricants yang merupakan anak usaha PT Pertamina (Persero). Pertamina Lubricants juga kerap meraih penghargaan bergengsi terkait produk terbaik maupun aspek lainnya. Salah satunya adalah penghargaan “The Most Inspiring Quality” kategori Industri Penerap SNI – Industri Menengah dan Besar di ajang The Quality Editor Choice Award 2018.

Sebagai produsen pelumas di dalam negeri, PT Pertamina Lubricants tentu memiliki stakeholder mulai dari konsumen, mitra kerja, dan komunitas. Dan harus diakui bahwa komunitas otomotif merupakan konsumen yang loyal terhadap penggunaan produk-produk Pertamina Lubricants.

Untuk menjalin komunikasi yang berkesinambungan, Pertamina Lubricants membuat kegiatan Fastron Weekend Drive yang menjadi wadah berkumpulnya komunitas dari berbagai merek mobil untuk saling berbagi ragam informasi.

Hal itu diungkapkan oleh Corporate Secretary PT Pertamina Lubricants, Fitri Erika yang memanfaatkan momen tersebut dengan bekerja sama komunitas Jurnalis 4X4 dengan memberikan materi memilih pelumas dan materi pilihan lainnya bersama sejumlah komunitas lainnya.

“Jadi event Fastron Weekend Drive ini lebih sebagai ajang silaturahmi yang diisi dengan materi seperti cara mengemudi di medan offroad, membuat berita, dan sebagainya. Juga bagaimana memilih pelumas dan sebagainya. Jadi lebih kepada ajang silaturahmi dan event kali ini sudah yang keempat kali sejak kita membuat ajang Fastron Weekend Drive sekaligus ulang tahun Jurnalis 4X4 yang ke-10,” uncap Fitri Erika di sela Fastron Weekend Drive Jurnalis 4X4 2008-2018 di Desa Pelangi, Sentul, Bogor, Sabtu (24/11) malam.

Pertamina Lubricants sendiri memang kerap melibatkan komunitas untuk berbagi tentang pengetahuan pelumas. Komunitas pun menanggapinya sangat positif dengan saling bertukar informasi, termasuk hal-hal yang bisa ditindaklanjuti, termasuk informasi pameran, peluncuran produk, dan lainnya.

“Kehadiran mereka sangat berarti bagi Pertamina Lubricants. Tapi yang lebih penting adalah bagaimana mereka menanggapi dengan positif, terutama memahami produk pelumas yang sesuai dengan kendaraan mereka. Dan kita juga memberikan kesempatan mereka untuk mengunjungi pabrik melihat bagaimana produk-produk Pertamina Lubricants diproduksi dan dipasarkan hingga ke luar negeri,” imbuh Fitri Erika.

Selain itu, ajang ini juga diharapkan menumbuhkan kebanggaan terhadap Pertamina sebagai pruduk bangsa sendiri yang sudah memenuhi spesifikasi dunia.

Salah satu yang menjadi target dari perhelatan ini sesungguhnya adalah feedback langsung dari pengguna di komunitas, seperti soal harga dan spesifikasi produk. “Keberadaan mereka memberikan warna tersendiri melalui beragam aktivitas sosial, termasuk seperti materi Fastron Weekend Drive hari ini yaitu teknik menulis, fotografi, dan pengetahuan offroad,” imbuh Fitri Erika.

Aktivitas komunitas seperti ini tentunya diharapkan akan semakin kompak, berlanjut, dan berkembang, serta semakin bangga dan cinta terhadap produk-produk dalam negeri. n Rahmat Tarmuji

 


TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here