HeadlineKriminal

Sekretaris RT Diciduk Polisi

Cipayung | jurnaldepok.id
DR, seorang sekretaris RT di Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung, diamankan Unit Kriminal Khusus Polresta Depok karena diduga terlibat pencurian modus ganjal mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di beberapa lokasi di Kota Depok.

Kepala Unit Kriminal Khusus Polresta Depok, Ajun Komisaris Polisi Firdaus, Rabu (21/11) mengatakan, pelaku DR (39) dibekuk di rumahnya di Kelurahan Bojong Pondok Terong, Kecamatan Cipayung.

“Saat beraksi melakukan pengganjalan mesin ATM DR tidak bermain sendiri akan tetapi bersama rekannya yakni D. Dalam beraksi bersama jaringanya mereka membagi tugas,” ujarnya, kemarin.

Pelaku DR, kata dia, bertugas sebagai pengintai atau ngintip korban saat menekan nomor pin. Sedangkan rekannya yang melakukan pencurian.

“Jaringan ini dengan modus mengganjal lubang mesin ATM pakai potongan botol air mineral.
Ketika kartu milik nasabah menyangkut, pelaku DR seolah-olah jadi penolong, mengalihkan perhatian korban,” paparnya.

Saat korban pergi, barulah mereka kuras, dan biasanya pagi hari.

“D, rekannya yang saat ini masuk dalam daftar pencarian orang alias DPO kami, dengan sasaran adalah mesin ATM yang berada di area SPBU,”katanya.

Pelaku mengaku sudah melakukan empat kali pencurian ganjal mesin ATM dengan beraksi pada hari libur, atau antara Jumat, Sabtu dan Minggu pada pagi hari dikarenakan di pagi hari operator bank belum terlalu aktif, sehingga pelaku bisa lebih leluasa.

“Namun kami duga lebih. Mereka mengincar nasabah yang narik uang di ATM sekitar SPBU,” jelasnya.

Dengan melakukan pengganjalan mesin ATM, pelaku berhasil mencuri uang sekitar Rp 61 juta.
DR yang menjabat sebagai sekretaris RT di tempatnya tinggal itu dikenal warga hidup mewah.

Ia memiliki mobil, motor, dan usaha air mineral isi ulang. Polisi pun sempat tak menyangka jika tersangka adalah pejabat lingkungan.

“Pelaku DR di lingkungannya menjabat sebagai sekretaris RT. Saat ini kasusnya akan terus kami kembangkan, sebab bukan tidak mungkin masih ada korbannya di luar sana. Kami juga masih memburu pelaku lainnya berinisial D,” pungkasnya. n CR1-JD

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button